Alex Noerdin Hadiri HUT Empatlawang

Empatlawang, Sumsel, jurnalsumatra.com – Gubernur Sumatera Selatan, Ir H Alex Noerdin menghadiri HUT Kabupaten Empat Lawang yang ke XI, Selasa (24/4/2018). Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Sumsel itu mengucapkan selamat atas hari jadi yang Ke- 11 Tahun Kabupaten Empat Lawang.

“Selamat HUT yang ke-11 tahun. Semoga kabupaten empat lawang, makin cepat kemajuan dan siap untuk bersaing dengan 16 kabupaten/kota yang ada di Sumsel, ” ungkap Gubernur Sumsel H Alex Noerdin SH, dalam sambutannya saat menghadiri HUT Kabupaten Empat Lawang, Selasa (24/4/2018), kemarin.

Selain mengucapkan selamat HUT yang ke-11 tahun Kabupaten Empat Lawang, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin SH ini, juga secara langsung berpamitan dengan masyarakat Empat Lawang.

“Saya menjabat Gubernur Sumsel hanya tinggal beberapa bulan lagi. Selain itu, saya hadir di HUT Empat Lawang untuk mengobati kerinduannya pada masyarakat dari tempatnya asa, ” ucap Alex.

Namun, bukan hanya itu, sambungnya, dirinya selaku Gubernur Sumsel memiliki agenda untuk menjalankan tanggung jawab dari arahan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menginginkan Asian Games tersosialisasikan sampai daerah terpelosok.

“Maka dari itu, saya mendapat tugas mensosialisasikan Asian Games Agustus mendatang untuk bagian Pulau Sumatera dan Kalimantan, ” tegasnya.

Dihari jadi Kabupaten Empat Lawang yang ke-11 tahun. Gubernur Sumsel memberikan kebanggaan kepada masyarakat Empat Lawang berupa penghargaan tertinggi dari Pemerintah untuk Gubernur Sumsel berupa Bintang Mahaputera Utama.

Yang jelas, menurut Alex, untuk memajukan suatu daerah itu kuncinya adalah kebersamaan, serta kepentingan daerah yang harus diutamakan. Seperti Provinsi Sumsel adalah bukan Provinsi terbesar dan terkaya tapi Provinsi yang paling disegani di Republik ini. Bagaimana tidak, diuraikannya secara rinci mulai dari Provinsi Sumsel yang berhasil merebut menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yakni pesta olahraga bangsa-bangsa dari 45 Negara Asia termasuk macan dunia (Jepang, Korea, China) berlaga di Provinsi Sumsel tepatnya di Jakabaring Sport City Palembang.

“Terus terang, untuk membangun dan memajukan daerah tidak hanya bisa mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) saja, melainkan harus bisa memanfaatkan peluang baik itu dari APBN, penyertaan modal negara, maupun pihak ketiga. Kita pilih mempromosikan daerah melalui jalur olahraga karena itu yang paling mudah dan Sumsel sangat berpengalaman menyelenggarakan event olahraga international, ” serunya dengan bangga.

Nah, kata Alex, Asian Games bukan tujuan akhir melainkan alat untuk mencapai tujuan. Saat ini saja Provinsi Sumsel mendapat pembangunan sejumlah infrastruktur yang sangat fenomenal seperti Light Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia, Fly Over, Underpass, Jembatan Musi IV dan VI, Jalan Tol serta rumah sakit berstandar Internasional.

“Alhamdulillah, semua infrastruktur yang ada bermuara pada kesejahteraan masyrakat, dan memberantas musuh terbesar manusia yakni kebodohan dan kemisikinan, ” tambahnya.

Terakhir, dihadapan ribuan masyarakat Kabupaten Empat Lawang, suami dari Eliza Alex berterima kasih sekaligus pamit kepada masyarakat yang telah mempercayai dan memilih sebagai Gubernur Sumsel selama dua periode.

“Saya mohon pamit sebagai Gubernur Sumsel, masa jabatan berakhir tahun ini, tinggal 6 bulan lagi. Sudah sangat banyak yang telah dibuat, terimakasih dan Insya Allah saya akan memberikan yang terbaik dan kebanggaan kepada masyarakat di Provinsi Sumsel, ” tutup Alex, dalam pidatonya.

Sementara, Bupati Empat Lawang H. Syahril Hanafiah mengucapkan terimakasih atas kehadiran Gubernur Sumsel di Kabupaten Empat Lawang.

“Saya selaku Bupati Empat Lawang sangat berterimakasih atas kehadirannya. Sebab, dengan jadwal yang padat Pak Alex Noerdin masih bisa hadir ditengah tengah ribuan masyarakat Empat Lawan, ” jelas Syahril, dalam sambutannya di HUT yang ke-11 tahun.

Menurut Syahril, Kabupaten Empat Lawang memiliki kekuatan dan yang dapat diolah dan dimaksimalkan antara lain, Kopi jenis robusta yang telah menerima hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, pada tanggal 26 April 2017. Bahkan termasuk dalam 16 besar kopi terbaik Indonesia indikasi geografis, serta pada tahun 2018 ini Kopi Empat Lawang akan mengikuti Ekspedisi Kopi tingkat Internasional.

“Dan, masih ada lagi potensi potensi lainnya yang dapat mendongkrak pendapatan anggaran daerah (PAD) Empat Lawang, ” ucapnya.

Selanjutnya, diungkapkan Syahril, potensi minyak bumi dan gas di Kecamatan Saling dan Kecamatan Tebing Tinggi, sedang tahap survei oleh salah satu perusahaan multinasional.

“Sekali lagi, saya ucapkan kepada semua pihak. Saya sampaikan penghargaan setinggi tingginya dan terimakasih yang tulus atas dorongan semangat, koreksi, kritik dan saran yang ditujukan kepada kami pihak eksekutif dalam mengemban amanat, tugas Pemerintahan selama ini, ” terang Syahril.(Syah)

Leave a Reply