Alumnus AKN Wajib Gesit Informasi

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Guna dapat bersaing menuju dunia kerja, seluruh mahasiswa khususnya Alumnus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Lahat harus mampu melakukan jemput bola dan tidak ketinggalan informasi.

Menciptakan lapangan kerja dirasa akan lebih baik bagi sebanyak 111 orang mahasiswa AKN yang telah diwisuda daripada menunggu panggilan bekerja disuatu instansi swasta.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat HM Rudi Thamrin SH menegaskan, saat ini hampir semua perekrutan mengenai lowongan kerja baik swasta maupun pemerintahan selalu diumumkan kelalui Media Sosial (Medsos). Karenanya, para alumni harus mampu menyesuaikan agar tidak ketinggalan informasi. Ditambah lagi, dengan kemajuan zaman saat ini diera Digitalisasi persaingan sudah semakin ketat sehingga kualitas diri harus dapat ditingkat kan.

“Sekali lagi, atas nama Pemkab Lahat mengucapkan selamat kepada sebanyak 111 orang Mahasiswa AKN yang telah diwisuda. Semoga ilmu yang didapat mampu diterap kan dilingkungan tempat dimana pun berada,” ungkap Plt Sekda Lahat, didampingi Kadisdikbud Dra.H.Sutoko MM, kemarin.

Menurutnya, sebagai salah satu Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan Akademik tentu harus mampu menciptakan suatu peluang usaha agar dapat menjadi lapangan kerja bagi warga lainnya, karena minimnya kesempatan kerja disuatu perusahaan swasta dan instansi Pemerintahan akan membuat para alumni menunggu dan menganggur.

“Maka dari itu, pesan kami manfaat kan apa yang bisa dikerjakan, ciptakan peluang baru dan jangan terus berpikir untuk menjadi pekerja melainkan berpikirlah untuk menjadi wirausahawan baru guna menciptakan lapangan kerja,” tuturnya lugas.

Sementara itu, Ketua AKN Lahat Abdul Rahman, S.Pd, MM menuturkan, hlacara tasyakuran wisudawan dan wisudawati angkatan ke-tiga yang berjumlah 111 wisudawan wisudawati yang terbagi menjadi 3 Jurusan yaitu alat berat, elektro PLTU dan Pertambangan. Karenanya diharap kan agar angkatan ini lebih sukses dari angkatan sebelumnya, memiliki lapangan kerja yang bagus dilingkungan Kabupaten Lahat.

“Adapun langkah-langkah yang sudah dilakukan pihak AKN untuk memajukan fakultas ini, dengan cara menghubungi instansi dan industri untuk merekrut dan memberi kesempatan kerja bagi wisudawan/wisudawati AKN Lahat,” terang Abdul Rahman. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + six =