Ancam Kadus Pakai Golok Anizar Ditangkap Polisi

Kayuagung, Jurnalsumatra.com Р Kegagahan Anizar (44) bin Mat Jahar warga Desa Somor Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang mengancam Iran (40) Kepala Dusun (Kadus), mengakibatkan Pria yang juga kedapatan menyimpan senjata api rakitan (senpira) tersebut harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Akibatnya, Anizar terancam Pasal 368KUHP dan Pasal 1 ayat (1) UU Darurat No 12 tahun 1951,  karena selain pengancaman pelaku juga memiliki senjata api rakitan saat ditangkap Timsus Macan Komering Polsek Cengal, Polres OKI.

Menurut informasi yang dihimpun kejadian bermula Selasa (17/12/ 2019) pukul 10.00 Wib, terjadi pengancaman dilakukan oleh tersangka Anizar terhadap korban Iran Bin Pia selaku Kepala Dusun Somor dan perangkat desa Somor serta Sekdes Muhammad Subhan.

Bukan hanya itu bahkan masyarakat yang berada didalam rumah Kepala Desa Somor, ketika pembagian Bantuan Usaha Ekonomi profuktif dari Provinsi untuk masyarakat desa Somor.

Kala itu, pelaku merasa tidak puas dan masuk ke rumah Kepala Desa yang saat itu Kepala Desa sedang tidak ada di rumah, sedangkan untuk pembagian bantuan usaha Ekonomi Produktif  tersebut oleh perangkat desa.

Lalu, pelaku masuk rumah Kades sambil teriak teriak membawa senjata tajam golok sambil mengacak acak dan merobek berkas sambil meminta daftar warga yang dapat bantuan.

Karena tidak diberikan maka pelaku hendak menyerang Kepala Dusun dan perangkat desa lain hingga korban Iran serta korban lain maupun masyarakat menyingkir dan ada yang lari.

Melihat banyak yang lari tersangka mengambil berkas hingga pembagian bantuan tidak bisa dilaksanakan hari itu.

Atas perbuatan tersangka maka korban berikut perangkat desa Somor merasa takut dan terancam serta dirugikan dan mununtut sesuai hukum karena tersangka memang sering mengganggu kegiatan desa dan setiap melakukan keonaran tersangka juga membawa senjata api di tas atau di pinggangnya.

Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah didampingi Kapolsek Cengal IPTU Dedy Suandy membenarkan kejadian tersebut, adapun saat ini tersangka telah diamankan berikut barang bukti.

Ditambahkannya, anggota Timsus Macan Komering Polsek Cengal yang dipimpin Kapolsek Cengal IPTU Dedy Suandy SH dan kanit Reskrim Ipda Suroto serta anggota mendapat informasi dari masyarat bahwa tersangka pengancaman di Rumah Kepala Desa Somor nama Anizar ada di desa Somor dan kembali membuat ulah setiap ada bantuan dari manapun di Desa Somor, atas informasi itu maka Kapolsek dan anggota berangkat dari Cengal Kamis (28/5/ 2020) pukul 16.00.WIB, dan tiba di desa Somor pukul 02.00 dini hari kemudian melakukan penangkapan terhadap tersangka di rumahnya tanpa perlawanan.

Adapun dalam penangkapan tersebut pihak kepolisian berhasil mengamankan 1 bilah parang/golok panjang 40 cm, bergagang kayu, tanpa sarung, 1 pucuk senjata api rakitan, jenis pistol bahan stainless, laras pendek dan 3 butir amunisi. (ata)