Anggota DPR: Jangan Tebar Hoaks Demi Pilkada

    Jakarta, jurnalsumatra.com -Anggota Komisi III DPR Tb Soenmandjaja mengimbau peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) beserta tim suksesnya untuk tidak menebar berita bohong atau hoaks hanya demi meraih kemenangan, terlebih yang bisa memecah masyarakat.
“Janganlah menyebarkan hoaks yang dapat membuat masyarakat resah dan terpecah,” kata Soenmandjaja dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat.
Menurut Soemandjaja, harus ada kesadaran dan kesepakatan bahwa kemenangan dalam pilkada bukanlah kemenangan perseorangan maupun partai politik, melainkan kemenangan bersama karena sejatinya pilkada merupakan proses demokrasi untuk memilih pemimpin daerah.
“Setelah terpilih nanti mari fokus kepada usaha-usaha yang dapat menyejahterakan rakyat,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu..
Ia pun meminta masyarakat tidak menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya yang bisa mengancam kehidupan dan persatuan bangsa.

    “Jangan lagi menyebarkan berita yang tidak jelas sumbernya, apalagi menjelang pelaksanaan pilkada serentak. Masyarakat justru harus aktif menjaga lingkungannya dari hoaks,” katanya.
Ia meminta masyarakat tidak segan melapor kepada pihak berwenang apabila menemukan  berita bohong yang sensitif dan mengadu domba.
Tak hanya itu, ia juga mengimbau semua aktivis keagamaan  agar menyampaikan  ceramah atau  khotbah yang positif, yang mendinginkan suasana.
“Saat memberikan ceramah atau khotbah  harus bisa memberikan arahan- pada hal-hal yang sifatnya konstruktif dan menyejukkan untuk membangun negeri ini serta keselamatan terhadap bangsa  dan negara ini,” ujarnya.
Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR meminta aparat penegak hukum untuk lebih tegas dalam melakukan penindakan serta lebih proaktif dalam upaya melakukan pencegahan agar penyebaran hoaks tidak meluas.(anjas)

Leave a Reply