Anggota DPRD Minta Diabsensi OPD yang Bolos

Muba, jurnalsumatra.com –  Saat digelarnya rapat paripurna masa persidangan I rapat ke 5, penjelasan Raperda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik yang disampaikan oleh Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muba, Senin (2/12/2019). 

Anggota Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dari fraksi PDI Perjuangan meminta kepada ketua DPRD Muba agar mengabsensi para OPD yang mengikuti rapat paripurna. Karena menurut mereka supaya bersinergi antara Exsekutif dan legislatif.

“Dalam penjelasan Raperda tentang peraturan tata tertib DPR ini, saya hanya mengusulkan saran supaya ada kalimat risalah yang diaplikasikan, terjemahan dalam pasal demi pasal. 

Misalnya begini, saya melihat perkembangan disetiap paripurna para OPD sepi alias banyak yang Bolos, maka jangan hanya anggota DPRD saja yang di absensi. Saya minta pimpinan DPRD nantinya juga mengabsensi para  OPD, supaya ada ketertiban dan bersinergi antara Exsekutif dan legislatif.” Harap H Ismail saat menyampaikan intruksi. 

Sementara itu, anggota DPRD dari fraksi PDI Perjuangan lainnya, yakni Ahmadi Dausat S,E,- sependapat jika para OPD juga di absensi saat digelarnya rapat paripurna. 

“Memang setelah saya amati ini seperti menjadi kebiasaan OPD, kalau pak Bupati tidak hadir dalam Paripurna, kepala Dinas banyak yang tidak hadir.

Saya setuju dengan masukan saudara Ismail tadi, kalau anggota dewan di Absensi, UPD juga diabsensi. Jadi kedepannya jika bupati tidak hadir bila perlu anggota dewan tidak hadir,”Sindirnya.

Dijelaskannya, dengan kehadiran pihak eksekutif dan legislatif dapat sama-sama membentuk kepentingan kabupaten Musi Banyuasin. 

“Kita sudah menjalankan tugas, setiap paripurna anggota dewan sangat banyak sekali yang hadir. “Pak sekwan kita hadir terus, tapi kita lihat eksekutif ini kalau hadir hanya beberapa orang saja, ini menjadi catatan bila perlu nanti kita bahas,” Tegasnya. (Rafik elyas)