Angka Harapan Hidup Sulut Di Atas Nasional

    Manado,jurnalsumatra.com – Angka Harapan Hidup (APH) Provinsi Sulawesi Utara berada di atas rata-rata nasional, kata Gubernur Olly Dondokambey, Selasa.
“Tahun 2017 APH kita mencapai mencapai 71,02 tahun atau berada di atas rata-rata nasional yaitu 70,68 tahun,” kata Gubernur Olly di Manado, Selasa.
Capaian ini tidak dapat dipisahkan dari terus dibenahinya pelayanan di sektor kesehatan berkaitan dengan sumber daya manusia hingga ketersediaan sarana dan prasarana.
Kesehatan, kata Gubernur, merupakan hak asasi seluruh masyarakat Sulut dan dapat diwujudkan berdasarkan prinsip-prinsip nondiskriminatif, partisipatif dan berkelanjutan.

“Pemprov Sulut berkomitmen membentuk sumber daya manusia Sulut yang sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial sebagai modal untuk mencapai tujuan pembangunan daerah,” kata Olly.
Gubernur menambahkan, meningkatnya kualitas kesehatan di provinsi berpenduduk lebih dari 2,4 juta jiwa itu juga dapat dilihat dari menurunnya jumlah kasus gizi buruk dari 40 kasus di tahun 2016 menjadi 25 kasus di tahun 2017 atau berkurang sebesar 38 persen.
Indikator lainnya, persentase gizi buruk yang mendapatkan perawatan mencapai 100 persen, Angka Kematian Ibu (AKI) menurun dari 54 kasus di tahun 2016 menjadi 36 kasus di tahun 2017.
Selanjutnya, pemerintah daerah berhasil menurunkan angka kematian bayi dari 250 kasus pada tahun 2016 menjadi menjadi 161 kasus pada tahun 2017.
“Secara bertahap permasalahan di bidang kesehatan terus dibenahi sehingga terus menunjukkan indikator positif,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply