Angka Kemiskinan di Sumsel Capai 12,8 Persen

Palembang, jurnalsumatra.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan tercatat angka kemiskinan di Sumsel sebesar 12,8 persen. Hal ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) Pemprov Sumsel, karena persentase tersebut diatas rata-rata nasional sebesar 9 persen

Hal itu disampaikan Kepala BPS Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih saat dibincangi Swarnanews, di Gedung rapat BPS Pemprov Sumsel, Rabu (2/1/2019).

Endang mengatakan,  indikator  Sumsel sudah menekan inflasi tahun kalender diangka 2,74 RPJMD,  di sana ada target 3,5 plus minus satu antara 2,5 sampai 4,5 persen.

Endang mengungkapkan, tukar nilai petani masih menjadi PR terutama pada sektor perkebunan. Dimana dari sisi tukar nilai usaha belum diatas seratus artinya petani belajar sejahtera khusus sektor perkebunan.

“Dari sektor tanaman pangan holtikultura, peternakan dan perikanan sudah lumayan baik, namun sektor perkebunan masih menjadi tugas Pemprov Sumsel,” bebernya.

Menurut Endang, Sumsel masih mengandalkan dari sektor pertanian. Selain itu yang perlu di perbaiki  untuk ekspor komoditi batubara, karet, sawit dan lainnya.

” Kita menyoroti unggulan ekspor Sumsel seperti Kopi,  Perikanan darat, Pariwisata, imunisasi karet yang perlu digali untuk ekspor,” paparnya

Sementara itu, Pjs Perwakilan BI Sumsel, Hari Widodo mengatakan, inflasi pangan menjadi konsen, seluruh OPD terkait dengan tim pelindung inflasi melaksanakan langkah-langkah antisipasi yang diperlukan.

” Kita antisipasi lebih baik, seperti di bulan Agustus ada event Asian Games, Pilkada yang tentunya relatif terkendali. Memang selalu Antisipasi didepan termasuk akhir tahun,” bebernya.

 Hari menmbahkan,  pemetaan BI pada umumnya potensi tahun 2019, sebenarnya melihat prospek pertumbuhan ekonomi masih kisaran 6 persen dibilang masih sedikit dibanding tahun 2018.” Tanjung Api-Api bila direalisasikan progres yang lebih cepat bisa mendorong perekonomian di Sumsel,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 8 =