Animo Warga NTB Laksanakan Ibadah Haji-Umrah Tinggi

     Mataram, jurnalsumatra.com – Wakil Ketua Koperasi Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Budi Firmansyah mengakui animo masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk menunaikan ibadah haji dan umrah sangat tinggi.
“Animonya sangat luar biasa. Tinggi sekali,” katanya, di Mataram, Selasa.
Ia menuturkan, tinggi animo masyarakat NTB untuk berhaji dan umrah ini bisa dilihat dari jumlah jamaah haji dan umrah setiap tahun terus naik.
Berdasarkan data Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB pada 2015, jumlah jamaah umrah mencapai mencapai 2.500 orang dan meningkat sebanyak pada 3.500 jamaah pada 2016, sebanyak 4.500 jamaah pada 2017 dan meningkat lagi mencapai 6.000 jamaah pada tahun 2018.
Kuota jamaah haji NTB tahun 2017 mencapai 4.476 orang. Semula pada tahun 2016 kuota haji NTB sebanyak 3.572 orang, karena ada pembatasan dari Pemerintah Arab Saudi, namun setelah dicabut dikembalikan menjadi 4.476 orang pada tahun 2017.

     “Ini menandakan tinggi animo masyarakat NTB untuk beribadah. Bayangkan daftar antrean naik haji saja sampai 20 tahun dengan 6.000 paspor yang dicetak setiap tahunnya,” ujar Budi lagi.
Karena itu, menurut Budi, pihaknya menyambut baik penyelenggaraan Lombok Umrah dan Haji Ekspo yang digelar mulai 17 hingga 21 Mei 2018 selama Ramadhan di Kota Mataram, NTB dalam rangka memeriahkan Pesona Khazanah Ramadhan 2018 tersebut.
Menurutnya, dengan semakin sering penyelenggaraan seperti itu, branding travel mereka akan semakin dikenal banyak orang. Hal ini sekaligus menghilangkan “image” yang tidak baik terhadap travel umrah dan haji terkait menyusul adanya kasus penipuan terhadap jamaah yang terjadi beberapa waktu lalu.
“Awal yang luar biasa dari kami untuk ikut menyosialisasikan, supaya tidak ada lagi terjadi penipuan jamaah berangkat ke Tanah Suci,” ujarnya pula.
Penyelenggaraan Lombok Umrah dan Haji Ekspo diikuti 19 travel dengan 22 stan yang disediakan. Travel ini merupakan anggota AMPHURI yang berasal dari Jawa Timur, Jakarta, dan Kalimantan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + seven =