Anisha Dasuki Jadi Moderator Debat Cagub NTT

    Kupang, jurnalsumatra.com – Presenter Anisha Dasuki akan menjadi moderator dalam debat terbuka kedua calon Gubernur-Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur periode 2018-2023 yang akan berlangsung di Jakarta, Selasa (8/5).
“Jadwal debat kedua akan berlangsung Selasa (8/5) dengan moderator Anisha Dasuki, menggantikan Tina Talita yang menjadi moderator pada debat pertama,” kata juru bicara KPU NTT Yosafat Koli kepada Antara di Kupang, Sabtu.
Debat terbuka itu akan diikuti empat pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT, masing-masing Esthon L Foenay-Christian Rotok (Esthon-Chris), serta Marianus Sae Emilia Nomleni (MS-Emi).
Selain itu, pasangan Benny K Harman-Benny A Litelnoni (Harmoni) dan pasangan Viktor Bungtilu Laiskodat-Joseph Nae Soi (Victory-Joss).
Dia menambahkan, pihaknya akan melakukan perbaikan seperlunya pada format debat calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT pada acara debat kedua nanti.
“Paling tidak, ada ruang bagi pasangan calon untuk saling bertanya dan berdebat tentang visi misi dan program yang ditawarkan kepada masyarakat dalam acara debat tersebut,” katanya.

    Perbaikan format debat ini, kata dia, terutama pada bagian saling debat antara pasangan calon karena pada debat pertama dinilai banyak kalangan kurang nampak dan kurang greget.
“Kami upayakan agar paling tidak nampak debat antarpasangan calon.  Yang harus di jaga bersama adalah format yang tidak membuat kesan debat kusir pasangan calon,” katanya.
Dia mengatakan, untuk mendukung acara debat itu, KPU NTT juga telah menunjuk tiga panelis yakni Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang Prof Ir Fredrik Lukas Benu, Dosen Univesitas Kristen Artha Wacana Kupang Dr Frits Oscar Fanggidae dan seorang kalangan profesional Theodorus Widodo.
Panelis ini, kata dia, hanya berada di bekalang layar dan bertugas menyusun pertanyaan dalam debat antarkandidat kepala daerah.
“Di dalam pelaksanaan debat, tiga panelis ini akan mengkaji visi dan misi, serta program kerja pasangan calon yang akan disandingkan dengan RPJMD NTT untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan,” katanya menambahkan.(anjas)

Leave a Reply