Aparat Kampung Biak Bimtek Pengelolaan Dana Desa

    Biak, jurnalsumatra.com – Sebanyak 99 aparat pemerintahan kampung di wilayah Kepulauan Numfor, Kabupaten Biak Numfor, Papua, melakukan bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan dana desa di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Cilandak Jakarta.
“Bintek aparat kampung dalam rangka penguatan kapasitas organisasi dan kelembagaan untuk mendukung tugas pelayanan pengelolaan alokasi dana desa,” ungkap Pjs Bupati Biak Besem Gombo melalui Kabag Humas dan Prokoler Pemkab Biak W.Agaki seusai pelepasan aparat kampung ke IPDN Jakarta, Jumat.
Ia mengakui kegiatan bimtek aparatur kampung di distrik Kepulauan Numfor untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam mengelola dana desa.

Selain mengikuti bimtek, lanjut Kabag Humas Agaki, 99 aparat kampung dan pendamping akan melakukan studi banding tentang badan usaha milik desa (Bumdes) di Bogor, Jawa Barat.
“Waktu kegiatan aparatur kampung dari pulau Numfor tersebut selama lima hari kerja ,” katanya.
Kepada aparatur pemerintahan kampung peserta bimtek dan studi banding, menurut Agaki, sesuai dengan Pjs Bupati diminta untuk mengikut kegiatan hingga selesai supaya dapat bermanfaat dalam menunjang pelayanan tugas di masyarakat.
Data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Biak disebutkan dari 99 aparatur kampun peserta bimtek pengelolaan dana desa berasal dari distrik Numfor Barat 36 orang, distrik Poiru 16 orang, distrik Bruyadori 20 orang.
Sedangkan untuk tenaga pendamping distrik sebanyak enam orang, aparat Pemkab Biak empat orang serta pendamping program tiga orang.(anjas)

Leave a Reply