APBD Perubahan Penajam Diusulkan Bertambah Rp140 Miliar

     Penajam, jurnalsumatra.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur diusulkan bertambah lebih kurang Rp140 miliar dari APBD murni sekitar Rp1,55 triliun, kata Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud.
Usulan penambahan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Perubahan 2018 tersebut disampaikan bupati pada rapat paripurna penyampaian nota penjelasan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara di Gedung Paripurna DPRD setempat di Penajam, Kamis (11/10).
“Indikator kenaikan besaran APBD Perubahan 2018 itu dari dana perimbangan yang diproyeksikan bertambah lebih kurang Rp110 miliar,” ujar dia.
Bupati Abdul Gafur Mas’ud menyampaikan PAD (Pendapatan Asli Daerah) pada APBD Perubahan 2018 diproyeksikan naik sekitar Rp8,4 miliar atau 6,74 persen dari nilai awal sekitar Rp125 miliar.

Untuk lain-lain pendapatan yang sah pada APBD Perubahan 2018 direncanakan lebih kurang Rp189 miliar atau naik 21 persen dari sebelumnya sekitar Rp168 miliar.
Pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyampaikan tiga usulan raperda (rancangan peraturan daerah) untuk disahkan menjadi peraturan daerah (perda).
Raperda itu di antaranya entang APBD 2018, Pembentukan Perusahaan Daerah Benuo Taka Energi, dan Rencana Kawasan Industri Penajam 2015-2023.
Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Penajam Paser utara menilai ketiga raperda yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara layak untuk dibahas lebih lanjut.
“Untuk APBD Perubahan 2018 perlu ada skala prioritas yang ditetapkan pemerintah kabupaten,” kata Fadliansyah ketika membacakan pandangan Fraksi Golkar terhadap penyampaian nota penjelasan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.
Perlu adanya skala prioritas yang ditetapkan pada APBD Perubahan 2018 itu, tambahnya, mengingat jumlah kewajiban yang harus dilunasi Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara jumlahnya cukup besar. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 14 =