Aset SMA-SMK Minahasa Tenggara Diserahkan Ke Pemprov

     Minahasa Tenggara, jurnalsumatra.com – Aset sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB) yang sebelumnya menjadi milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara kini telah diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara.
“Kami sudah menyerahkan aset-aset sekolah, ada 11 SMA dan SMK, dan 1 SLB kepada pemerintah provinsi,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan (BPK) Kabupaten Minahasa Tenggara Mecky Tumimomor di Ratahan, Jumat.
Dia menuturkan, pengalihan aset tersebut berdasarkan berdasarkan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tentang Perangkat Daerah.

    “Sesuai dengan amanat undang-undang, serta peraturan yang ada untuk SMA dan SMK, serta SLB menjadi tanggungjawab dari pemerintah provinsi,” katanya.
Lebih lanjut Mecky menjelaskan, proses inventarisasi aset setiap sekolah sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu dalam pencocokkannya dengan keberadaan asset itu sendiri.
“Baik itu gedung, peralatan maupun aset tetap lainnya, sudah diinventarisasi selanjutnya dicocokkan sebelum difinalkan dan diserahkan kepada pihak pemprov,” jelasnya.
Dia mengakui proses pendataan aset di setiap sekolah berlangsung cukup lama akibat banyaknya barang yang diinventarisir.
“Karena banyaknya juga barang yang harus kami inventarisir maka memakan waktu. Tapi kami juga menjadi daerah pertama yang menyelesaikan peralihan aset ini,” tandasnya.(anjas)

Leave a Reply