Askolani Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al Amir

Banyuasin, jurnalsumatra.com – Bupati Banyuasin H Askolani dan Wakil Bupati Banyuasin H Slamet kompak melaksanakan Sholat Idul Adha 1441 H di Masjid Agung Al Amir Komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin  beserta keluarga masing-masing, Jum’at (31/7/2020). 

Bupati dan Wakil Bupati kompak dan sama pemakai peci hitam, jas hitam dan  dalaman putih dengan  khusus melaksabakan Sholat Idul Adha.

Sekda Banyuasin HM Senen Har beserta keluarga juga melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al Amir.

Sholat  ini diikuti FKPD, pejabat lingkup Pemkab Banyuasin dan masyarakat yang tetap  menerapkan protokol kesehatan, dimana semua jemaah diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, membawa sejadah dari rumah masing-masing dan tidak bersalaman satu dengan yang lainnya.

Sebagai Khotib dan Imam Sholat Idul Adha, Ustadz Taharudin Sakyan S.Pdi. yang juga imam besar Masjis Agung Al Amir.

Pada Idul Adha kali ini,  Bupati Banyuasin H Askolani menyerahkan satu ekor sapi kurban dari keluarga kepada panitia kurban Masjid Agung Al Amir. 

“Saya peribadi,  keluarga dan Pemkab Banyuasin  mengucapkan selamat hari Raya Idul Adha 1441 H untuk seluruh warga Banyuasin khususnya dan umumnya umat muslim  Indonesia,”katanya.

Askolani  meminta agar momen Idul Adha dipakai untuk meneladani sikap kesabaran hingga ketangguhan keluarga Nabi Ibrahim.

“Idul Adha 2020 ini datang ketika kita sedang diuji dengan pandemi global Covid-19. Sehingga Setiap kita harus berkorban dengan mengurangi pertemuan fisik dan perjalanan. Di saat yang sama, kita dituntut untuk lebih peduli kepada sesama dan lebih mendekat kepada keluarga. Semoga ujian pandemi ini segera berlalu, “katanya.

Bupati  mengajak masyarakat Kabupaten Banyuasin untuk mengambil makna dan menjadikan kisah yang dijalani nabi Ibrahim dan nabi Ismail sebagai inspirasi.

 “Dari kisah ini, mengajarakan kita untuk bersabar, dan taat akan perintah dari allah swt. Ini inspirasi yang harus kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari dalam bermasyarakat, “katanya.

Hari Raya Kurban juga terang Bupati Askolani, momentum untuk berbagi dengan sesama, meningkatkan kepekaan sosial dalam berbagi dengan sesama yang membutuhkan. 

Wakil Bupati H Slamet juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H untuk seluruh masyarakat Kabupaten Banyuasin. 

“Saya mengajak seluruh masyarakat Banyuasin untuk meningkatkan amal ibadah ditengah pandemi covid 19, agar wabah ini segera berakhir,”kata Slamet. 

Sekda Banyuasin HM Senen Har mengajak seluruh ASN di Lingkup Pemkab Banyuasin untuk menjadikan momentum Idul Adha ini dalam meningkatkan kinerja dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

“Banyak inspirasi yang bisa kita petik dari momentum Idul Adha ini, disiplin, taat aturan dan kepedulian, “katanya.

Untuk open house lanjut Sekda, dipusatkan di rumah dinas Bupati Banyuasin dan bersifat hanya internal jajaran Pemkab Banyuasin saja. Karena masih kondisi Covid 19.

“Inya Allah dan mudah-mudahan  Idul Adha tahun depan sudah bisa seperti hari raya biasanya dan Covid 19 segera berakhir, “ujarnya.  

Momen Idul Adha tahun ini,  Pemerintah Kabupaten Banyuasin kurban 7 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 5 ekor kambing. 

Hewan kurban tersebut diserahkan secara simbolis dari Bupati Banyuasin H Askolani kepada Ketua panitia kurban Masjid Agung Al Amir H Salni Fajar untuk disembeli dan dibagikan kepada warga di Kecamatan Banyuasin III.

“Tahun ini, Masjid Agung Al Amir kurban 7 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 5 ekor kambing,” Kata Ketua Panitia Kurban yang juga Kabag Kesra DR H Salni Fajar, Jumat (31/7).

Hewan kurban ini ujar  Salni, dari Keluarga Bupati Banyuasin H Askolani, Sekretariat Dewan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pendapatan Daerah, Dinas KB, Disbunak, Dishub, PT Medco, dan PT. APLS. (Rilis/BIO)