ASN Bone Bolango Kumpulkan Infaq Rp558,6 Juta

     Gorontalo, jurnalsumatra.com – Sebanyak 5.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengumpulkan infaq sebanyak Rp558.657.000 dalam waktu lima menit di halaman kantor Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Selasa.
Hamim Pou Bupati Bone Bolango mengatakan hal tersebut dilakukan sebagai syiar dan kewajiban seorang muslim untuk infaq dan bersedekah.
“Untuk pemerintah secara nasional sudah ada Undang-undangnya, dan di daerah ada juga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan dana infaq, zakat dan sedekah bisa dikumpulkan dan disalurkan kembali kepada yang berhak,” ungkap dia.
Ia menjelaskan potensi infaq, zakat dan sedekah di Bone Bolango bisa dilihat dari APBD yang berjumlah Rp1 triliun dan Rp400 miliar di antaranya untuk pembayaran gaji pegawai.

     “Lima persen saja dari Rp400 miliar sudah banyak dan bisa membantu masyarakat yang selama ini tidak tersentuh oleh pemerintah daerah, dan melalu Baznas kita bisa memberikan modal usaha, perbaikan rumah, biaya siswa, kebutuhan pokok dan lainnya,” kata dia.
Menurutnya dengan tekad yang bulat, pihaknya sepakat untuk terus melakukan hal itu dan mulai tahun 2018 ini akan menggelar gerakan infaq, zakat dan sedekah tiga kali dalam setahun.
“Jika ditotalkan, maka dalam setahun ada Rp1,5 miliar yang terkumpul, dan jika digunakan untuk perbaikan rumah warga miskin, banyak rumah tangga miskin yang dapat dibantu,” ujarnya.
Hamim juga berpesan kepada Baznas untuk transparan saat akan membagikan bantuan itu dan mengundang pihak pemda agar dapat dipercaya oleh masyarakat.(anjas)

Leave a Reply