ASPPI Gelar “Aceh Travel Mart” Di Sabang

     Kutacane, jurnalsumatra.com – Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) menggelar “Aceh Travel Mart” dalam rangka mendukung perhelatan akbar “Sail Sabang” di Kota Sabang, Aceh, 28 November hingga 5 Desember 2017.
“Bertepatan pelaksanaan Sail Sabang, kita mengundang para pengusaha travel domestik dan sejumlah negara di Asia Tenggara,” ujar Ketua ASPPI Aceh, Dedi T Zaimy melalui telepon di Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, Kamis.
Ia jelaskan, pengusaha yang merupakan buyer atau pembeli dari pemilik perusahaan “tour and travel” itu akan menghadiri “Aceh Travel Mart” dilaksanakan di dua kota yakni Banda Aceh dan Sabang pada 3 sampai 6 Desember 2017.
Hingga kini setidaknya terdapat 125 buyer baik dalam maupun luar negeri yang sudah mendaftar kepada pihaknya untuk mengikuti iven yang mejual pariwisata bahari di Aceh ini.
Selama empat hari kegiatan berlangsung di provinsi paling Barat di Indonesia itu, lanjut dia, buyer dipertemukan dengan pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah baik gubernur maupun wali kota.
“Kami ingin tunjukkan kepada para buyer bahwa di Banda Aceh atau di Sabang itu, kini aman untuk dikunjungi. Dan banyak potensi wisata, terutama bahari di Sabang,” katanya.
Badan Pusat Statistik Aceh mencatat, secara kumulatif wisatawan mancanegara periode Januari-September tahun ini turun 27,35 persen, dibanding periode yang sama tahun 2016.
Jumlah turis asing yang masuk ke Aceh sampai triwulan tiga tercatat 23.082 orang, sedangkan di tahun 2016 sebanyak 31.773 orang dengan asal menurut kebangsaan dari 10 negara baik sejumlah negara di Asia Tenggara atau benua lain.
“Kita berharap ‘Aceh Travel Mart’ ini bisa menjadi ajang wisata yang menjual berbagai produk pariwisata di Aceh,” jelas Dedi.
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf pekan lalu memastikan, semua pihak sudah siap untuk menyelenggarakan Sail Sabang 2017 menjadi iven pariwisata terbesar di akhir tahun ini.
Irwandi mengatakan, pelaksanaan Sail Sabang menjadi kebanggan tersendiri bagi pemerintah dan rakyat Aceh. Oleh karena itu, iven ini diharapkan tak hanya menjadi sarana untuk mempromosikan wisata, akan tetapi juga mampu mendorong percepatan pembangunan di Aceh.
“Pemerintah Aceh sudah siap, BPKS Sudah siap, Pemkot Sabang juga sudah siap untuk menyukseskan even besar Indonesia pada tahun 2017 ini,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 14 =