Asrama Haji Batakan Dipasang Perangkat Sinar X

      Balikpapan, jurnalsumatra.com – Asrama Haji Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 20 Juli 2018 dipasang masing – masing satu unit mesin x-ray bagasi dan  unit mesin x-ray kabin.         “Pemasangan perangkat tersebut untuk melayani jamaah haji ,¿ kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sepinggan, Hendy Heryudhitiawan, Kamis.
Bandara Sepinggan menjadi embarkasi atau titik keberangkatan para jamaah haji asal Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.
Bandara di sisi timur kota itu juga akan menjadi bandara kedatangan atau debarkasi untuk jamaah yang sama.
Mesin x-ray digunakan petugas keamanan bandara atau aviation security (Avsec) untuk melihat barang bawaan penumpang tanpa membuka tas atau kemasan barang yang ingin diperiksa.
Petugas juga akan memeriksa dengan alat pendeteksi logam portabel dan walkthrough metal detector (alat semacam ambang pintu yang harus dilewati penumpang sebelum memasuki ruang tunggu di bandara) setiap jamaah sebelum masuk ke bus yang mengantar mereka ke Bandara Sepinggan dari Asrama Haji Batakan.

     “Kami menyediakan 11 unit bus eksekutif full AC,¿ kata Hendi.
Khusus untuk mengangkut bagasi akan dioperasikan dua unit truk.
Begitu pula, disediakan pula ambulan untuk keadaan darurat seandainya hal itu benar-benar seperti terjadi.
Asrama Haji Balikpapan dan Bandara Sepinggan Balikpapan menjadi tempat embarkasi dan debarkasi  bagi 5.393 orang  calon haji dari empat provinsi tersebut.
Mereka berangkat dalam 13 kelompok terbang  (Kloter) yang menggunakan pesawat jumbo jet Boeing 747-400.
Ke-13 kloter itu diberangkatkan dengan 2 fase, di mana setiap fase memiliki gelombang satu maupun dua.
Pada fase satu, pesawat akan transit di Bandara Kuala Namu di Medan untuk mengisi bahan bakar.  Begitu pula sebaliknya saat kembali ke Indonesia, pesawat transit di Medan, selanjutnya terbang ke Balikpapan.
Pada fase dua, jamaah terbang langsung ke Jeddah dari Jakarta. Demikian juga pulanngya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + one =