Atur Tataniaga Karet Warga PALI Dukung Ishak–Yudha

PALI, Sumsel, jurnalsumatra.com  – Ribuan warga Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), menyatakan tekadnya secara bulat mendukung pasangan calon (Paslon), H. Ishak Mekki dan yudha Mahyuddin (Ishak – Yudha) menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel di Pilgub 27 Juni mendatang.

Pernyataan sikap ini mereka sampaikan setelah menerima komitmen dari Paslon yang disampaikan secara bergantian oleh Ishak Mekki dan pasangannya Yudha Mahyuddin saat sialturahmi warga PALI dengan Paslon Nomor Urut 3, Ishak – Yudha, Senin (5/3), di Desa Abab, Kecamatan Penukal.

Komitmen dimaksud adalah solusi bagaimana mendongkrak harga karet yang kian hari kian anjlok sebagaimana dirasakan oleh warga PALI yang mayoritas petani karet itu. Menurut Calon Gubernur (Cagub) Ishak Mekki, solusi yang ditawarkan oleh mereka adalah, pengaturan tataniaga karet dan membangun hilirisasi seperti, membangun pabrik ban.

“Saya merasakan apa yang bapak ibu rasakan. Betapa susahnya kehidupan warga di sini manakala harga karet anjlok seperti sekarang,” kata Ishak Mekki mengawali orasinya.

Menurut mantan Bupati OKI dua periode Ini, penyebabnya karena selama ini kita ketergantungan dengan patokan harga global, akibatnya kita tidak bisa mengatur harga sendiri yang menguntungkan petani. Solusinya, kata Ishak, pemerintah harus membangun hilirisasi atas hasil perkebunan ini yakni dengan membangun pabrik ban di wilayah Sumsel.

“Untuk hal ini, saya sudah menghubungi beberapa investor yang siap membangun pabrik ban di daerah ini jika kelak saya dan pasangan, Yudha, diberi amanat untuk memimpin Sumsel,” jelas Ishak Mekki disambut takbir dan amiin warga setempat.

Dengan adanya industri hilir seperti pabrik ban ini, lanjut Cagub yang masih menjabat sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, maka para petani dapat segera menjual karetnya dengan harga lokal yang diatur oleh Pemerintah Sumsel.

“Tentu saja dengan aturan atau tataniaga yang menyebabkan harga akan jauh lebih baik dari harga yang selama ini dipatok global. Karena pemerintah daerah pasti akan berpihak kepada masyarakatnya terutama para petani,” kata Ishak Mekki.

Selain itu, lanjutnya, dengan pembangunan pabrik-pabrik sebagai hilirisasi dari perkebunan karet maupun perkebunan sawit — dalam hal ini pabrik-pabrik turunan dari CPO, seperti, pabrik mentega, sabun atau kosmetik dan sebagainya — tak hanya harga yang terdongkrak, namun lebih dari itu dapat berdampak kepada penyerapan tenaga kerja.

Di kesempatan yang sama Ishak juga memaparkan berbagai program lainnya untuk menjadikan Sumsel lebih baik ke depan. Di antara program tersebut adalah pembangunan dan perbaikan jalan yang akan dituntaskan dalam kurun waktu setahun kepemimpinannya.

“Insya Allah selama setahun, jalan-jalan yang rusak yang menjadi keluhan dan kendala di masyarakat akan mulus. Begitu juga dengan jembatan-jembatan yang rusak, kita akan perbaiki,” tegas Ishak optimis.

Melanjutkan orasi Cagub Ishak Mekki, Cawagub Yudha Pratomo meyakinkan masyarakat bahwa Paslon Ishak –  Yudha, mampu merealisasi apa yang menjadi komitmen mereka berdua. Menurut Yudha, pasangan mereka adalah yang paling ideal yakni perpaduan antara senior – junior, birokrat yang ahli teknik dan akademisi yang ahli IT.

“Apa yang dikemukakan oleh pak Ishak terutama merealisasi perbaikan dan pembangunan jalan dan jembatan tuntas dalam satu tahun, saya meyakininya. Pak Ishak memang ahlinya dalam bidang jalan dan jembatan karena beliau memang orang teknik dan pernah menjadi Kepala Dinas PU Kabupaten OKI maupun Kepala Dinas PU Provinsi,” tegas Yudha.

Begitu juga terhadap program lain yang ditawarkan, seperti pengadaan jaringan internet gratis hingga ke pelosok desa. Menurut Doktor lulusan Malaysia ini, program internet gratis tersebut telah mereka lounching pada Minggu lalu di kawasan rumah susun (Rusun) Palembang.

“Ini sekaligus merupakan bukti dari kami, bukan sekedar janji,” pungkas Yudha Mahyuddin yang kelahiran Palembang, 20 April 1979 ini semangat.(her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − two =