Awak Bus Lhokseumawe Tes Urine Tengah Malam

     Lhokseumawe, jurnalsumatra.com – Demi kenyamanan dan keselamatan penumpang, sejumlah sopir di Terminal Tipe A Lhokseumawe, Aceh, menjalani tes urine dan pemeriksaan kesehatan lainnya oleh tim medis di Pos Pelayanan Mudik Lebaran 2018 hingga tengah malam.
Seperti terlihat, Selasa (12/6) hingga pukul 00.00 WIB, sejumlah awak bus yang akan berangkat meninggalkan Terminal Bus Lhokseumawe, baik untuk jenis bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) maupun bus Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP) diarahkan oleh petugas gabungan untuk dilakukan tes urine dan juga pemeriksaaan kesehatan lainnya.
Sejumlah pengemudi bus setelah diambil urinenya, saat dilakukan pemeriksaan dengan alat tes, dipersaksikan kepada masing-masing pemilik urine unutk melihat hasilnya. Selain itu juga diperiksa kesehatan fisiknya oleh dokter seperti diperiksa matanya.
Kapolres Lhokseumawe AKPB Ari Lasta Irawan melalui Kabag Ops Polres Lhokseumawe Kompol Ahzan mengatakan bahwa tes urine dan juga pemeriksaan kesehatan lainnya kepada para pengemudi bus tersebut adalah guna memastikan bahwa mereka tidak berada dibawah pengaruh narkoba dan obat-oabatan terlarang lainnya serta dalam kondisi sehat dan prima saat mengemudikan kendaraannya.

“Hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi para sopir bus benar-benar dalam keadaan sehat dan tidak terpengaruh narkoba. Karena pengemudi membawa banyak nyawa sehingga upaya menjaga keselamatan bagi angkutan penumpang sangat penting dilakukan,” ujarnya.
Kompol Ahzan melanjutkan, didalam pemeriksaan urine ternyata ada yang positif menggunakan narkoba, maka akan ditindaklanjuti oleh Sat Narkoba Polres Lhokseumawe dan akan dihubungi pihak perusahaan bus yang bersangkutan untuk mengganti pengemudinya.
Apabila saat dilakukan pemeriksaan kesehatan, dianggap sakit, lelah atau kurang tidur, maka kepada pengemudi yang bersangkutan dianjurkan untuk beristirahat terlebih dahulu agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat di jalan, ujar Kompol Ahzan, menjelaskan.
Kabag Ops Polres Lhokseumawe menambahkan, kegiatan pemeriksaan urine dan juga kesehatan lainnya, dilakukan oleh Polres Lhokseumawe dan petugas gabungan lainnya yang ada di pso pelayanan  mudik lebaran 2018 di Terminal Bus Lhokseumawe, mulai dari PMI, Jasa Raharja, petugas Terminal Lhokseumawe, Satpol PP dan WH Kota Lhokseumawe dan relawan Rapi, pungkas Kabag Ops.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − thirteen =