Ayo Ikuti Audisi KD

Palembang, jurnalsumatra.com – Kinu audisi kontes Dangdut Indonesia (KDI)  2018 , hadir di Kota Palembang untuk mrncari bakat bakat bintang dangdut berkualitas digelar Sabtu,  30 Juni  sampai Minggu,  1 Juli di Dermaga Convention Centre.

Dept Head Production MNC TV William Gustafirin mengatakan,  sebelumnya rangkaian audisi KDI 2018 sudah diselenggarakan di beberapa kota besar seerti Makasar,  Medan dan Semarang.  Kota Palembang terpilih menjadi salah satu dari 8 kota besar digelarnya audisi KDI 2018 karena memiliki banyak bakat bakat menyanyi berkuslitas berasal dari Sumsel. Sehingga para calon bintang mudsh dan lebih dekat untuk menhikuti audisi KDI. Salah satunya, bintang asal Kota Palembang Wulan Alora atau sering disapa Wulan KDI merupakan finalis KDI 3 (2006) kini telah menjadi bintang dangdut terkenal.

Tidak dapat dipungkiri bahwa KDI telah melahirkan bintang bintang dangdut berkualitas di Indonesia. Sejumlah alumni dan juara KDI sukses melenggang di blantika musik dangdut tanah air seperti Siti KDI,  Nassar KDI,  Selfi KDI,  Gita KDI dan masih banyak lagi. Sesuai tagline ” Jadilah Bintang”, KDI berhasil mrnghantarkan para alumninya untuk merambah ke berbagai bidang lain mulai dari bintang iklan hingga presenter.

“Adapun yang akan menjadi juri di Kota Palembang adalah Iis Dahlia,  penyanyi dangdut senior yang masih eksis di dunia musik dangdut dan juga juri musik dangdut dsn juga juri di Kikau DMD MNC TV.  Ada juga Beniqno merupakan penyanyi yangvjuga saat ini menjadi juri di Kilau DMD dan Siti KDI merupakan juara KDI 2004 yang memiliki suara merdu dan berhasil menjadi bintang dangdut papan atas tanah air.  Terkahir, kehadiranbhis Anwar Sanjaya akan semakin menyemarakan audisi di Kota Palembang,” katanya.

William menambahkan,  selain menggelar di Palembang,  MNC TV juga menggelar audisi di Surabaya pada 30 Juni sampai 1 Juli,  Banjarmasin dan Bandung 7 sampai 8 Juki dsn Jakarta 14 sampai 15 Juli. Setelah proses audisi dari 8 kota besar,  45 kontestan kembali tersaring dan bertemu di Jakarta dalam Gerbang KDI.  Selanjutnya,  tersaring 20 peserta terbaik menuju Kontes KDI yang terseleksi akan dikarantina di asrama dan diberikan pelatihan pelatihan berupa teknik vokal,  kereografi,  personalitas dan tata busana.

“Seluruh kontestan KDI yang telah terseleksi setiap minggunya akan bersaing untuk tampil di hadaan dan dinilai para juri dan mendapatkan sms terbanyak dari masyarakat Indonesia untuk menjadi juara KDI 2018,” paparnya.

William mengungkkan,  proses penyaringan KDI 2018 sedikit beberda.  Penyaringan lebih ketat.  Besok semua calon eserta melalui 3 tahapan yakni pra audisi,  audisi dan teakhir audisi final.  Audisi final satu langkah audisi artis.  Ada 4 penyaringan sebelum dapat tiket calon bintang.

Setiap kota audisi juri artis akan menyeleksi 10 atau 12 calon bintang.  Nanti disaring lagi di Jakarta.  Nanti disaring lagi 45 orang dan penyaringan lagi di gerbang KDI. Nanti 20 orang masuk ke kontes KDI.

“Target kita di Palrmbang ada 1.500 pendaftar.  Yang sudah mengambil formulir 700 sampai 800 pendaftar. Setelah dibuka lagi di Dermaga Convention Center bisa bertambah lagi sampai 1500 orang. Kita cari yang memiliki suara bagus dan memiliki banyak talenta,” ucapnya.

Dia menambahkan,  biasanya keluaran MNC Media akan masuk ke Star Media Nusantara.  Finalis kdi akan kontral SMN disalurkan ke unit bisnis MNC grup. Setelah mereka lolos dari kdi akan tersalurkan karirnya.

“Kita bermain dengan kualitas daripada cerita sedih.  kDI 2018 ini kami mendesain,  untuk jadi juara tidak hanya dari sms.  Tapi penilaian  kami melibatkan alumni KDI. Bukan dari kedaerahan tapi ada ada penialaian dari juri juga. Kans semua kontenstan sama. Kita melibatkan juri juri yang lama.  Sehingga keluarannya berkualitas. Hadiah totalnya Rp 1 miliar akan diberikan kepada 5 besar.  Bisa bentuknya bisa barang atau uang,” bebernya.

Lebih lanjut William menuturkan,  pendftaran di Dermaga di convention dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.  “Target kami 800 nomor sehari. Juri artisnya hadir hari minggu.  Hasil seleksi di hari sabtu datang lagi hari minggu.Tapi kita juga buka pendsftaran hari minggu,” katanya.

Sementara itu, Juri Audisi KDI 2018  Bang Saad menuturkan,  juri kadang kadang yang berbakat tidak lolos.  “Kita lihat bukan hanya suaranya bagus saja. Tapi juga yang memiliki talenta diberbagai jenis musik misalnya rok,  melayu dan lainnya, ” ucapnya.

Alumni KDI 2015 Yogi menuturkan,  dirinya keluaran KDI dituntut beretika dengan baik.  Memantance kerjasama dengan orang.  Setelah di KDI akan masuk  SMN manajemen. “Kita diarahkan untuk multi talenta,” ucapnya.

Alumni KDI 2015 Mario menambahkan, selepas dari KDI akan dikontrak dan bisa terus berkarya di dunia musik. “Dulu saya menyanyi pop.  Tapi di KDI diajarkan dangdut dengan banyak teknik.Ikut KDI membuka pola pikir menjadi lebih luas.  Musik itu tidak hanya menyanyi tapi bisa menulis lagu,” pungkasnya.  (yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 10 =