Babinsa Beri Materi Kepada Pelajar SMK Xaverius


Palembang, Jurnalsumatra.com –  Memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada masyarakat khususnya dunia pendidikan adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan. Kegiatan ini harus dilakukan di Sekolah sejak sedini mungkin agar dalam jiwa setiap siswa tertanam rasa cinta tanah air yang dalam. Dengan rasa cinta tanah air maka diharapkan para pelajar dan generasi muda akan mampu melindungi negara dan bangsanya.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 418-08/Sako Kodim 0418/Palembang memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada para Siswa Siswi SMK Xaverius Palembang di Jln. Betawi Raya RT.26 Rw.07 Kel. Lebong Gajah Kec. Sematang Borang Kota Palembang, Selasa (16/7/2019).

Menurut Danramil 418-08/Sako Kapten Inf Ahmad Apriandi, dirinya memerintahkan Babinsa jajarannya untuk memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Sekolah-Sekolah yang ada di wilayah binaan masing-masing. “Berawal dari banyaknya permintaan kepada Koramil 418-08/Sako untuk menjadi pendamping pelajar SLTP dan SLTA pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) khususnya di wilayah Kecamatan Sematang Borang, dan kami kerahkan para Babinsa untuk memberikan materi Wasbang, Bela Negara termasuk Peraturan Baris Berbaris (PBB)”, jelas Danramil Sako.

Kapten Inf Ahmad Apriandi juga mengatakan, bahwa pemberian materi tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar terhadap tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara. ”Tujuan kegiatan ini membentuk karakter pelajar yang disiplin, setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa agar senantiasa tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, sambungnya.

Sementara itu, Peltu Dadang selaku pemateri dihadapan para pelajar, mengajak para pelajar agar mempunyai mental dan karakter yang baik sebagai generasi penerus serta bebas dari narkoba, miras, aksi tawuran dan pergaulan bebas.(Amrujurnalis)