Babinsa Rawas Ilir Bantu Korban Angin Puting Beliung


Palembang, jurnalsumatra.com – Akibat hantam angin puting beliung yang disertai hujan es pada Senin (8/7) malam, ratusan rumah di Desa Beringin Makmur I, Beringin Makmur II dan Kelurahan Bingin Teluk Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) hancur dan porak poranda. Angin yang mirip tornado itu datang secara tiba-tiba disertai hujan es begitu cepat melululantahkan ratusan rumah warga beserta isinya, sekitar pukul 18.30 WIB. Beruntung dalam kejadian itu tidak jatuh korban jiwa, hanya kerugian yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Melihat kondisi rumah warga yang rusak, Komandan Koramil 406-02/Rawas Ilir Kapten Inf Agus Cahyono memerintahkan para Babinsa di jajarannya untuk membantu warga yang tertimpa bencana angin puting beliung tersebut, serta memberikan himbauan kepada pihak swasta baik secara pribadi maupun institusi untuk menyisihkan rezekinya guna memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah.

Hal ini masih dilakukan Babinsa 406-02/Rawas ilir Serka Endang yang sedang membantu warga yang terkena musibah angin puting beliung dengan melakukan pembersihan bersama-sama dengan warga setempat sehingga rumah para korban masih tetap bisa ditempati.

Menurut Sdr. Iwan (24) dan Ibu Lia (38) yang bermukim di Dusun I Kampung 7 Desa Beringin Makmur II yang rumah miliknya mengalami rusak berat akibat musibah tersebut mengungkapkan, bahwa dari banyaknya rumah yang hancur akibat angin tersebut kondisi terparah terjadi Desa Beringin Makmur II dan Kelurahan Bingin Teluk. Di Desa itu kondisi rumah yang hancur banyak dialami rumah yang berbahan bangunan terbuat dari papan dan kayu. “Akibat dari musibah itu sekarang banyak warga yang mengungsi ke tempat sanak saudaranya. Bukan hanya rumah saja yang rusak, termasuk harta benda milik warga didalamya banyak ikut hancur bersama reruntuhan bangunan”, ungkap Iwan.(Amrujurnalis/Penrem)