Balai Latihan Kerja Kendari Tingkatkan Keterampilan 1.728 Orang

Kendari, jurnalsumatra.com – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan meningkatkan keterampilan 1.728 orang di Tahun 2020, agar mereka bisa siap bekerja di suatu perusahaan atau industri.

  Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu mengatakan hal itu dilakukan melalui kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Kendari sebagai langkah mempersiapkan tenaga kerja terampil yang kompeten sesuai kebutuhan industri dan pasar kerja.

  “Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi yang akan dilatih di BLK Kendari Tahun 2020 sebanyak 1.728 orang dan Peserta Pelatihan yang dibuka pada angkatan pertama ini sebanyak 240 orang atau 15 paket pelatihan, yang berasal dari 12 kejuruan yang ada di BLK Kendari dengan tenaga pengajar/pelatih adalah instruktur BLK Kendari,” katanya, di Kendari, Kamis.

  Ia mengungkapkan, dengan memberikan pelatihan kepada para peserta, maka diharapkan mereka mampu mengisi lowongan kerja yang ada di dunia industri dan dunia usaha, serta dapat membuka lapangan pekerjaan atau berwirausaha mandiri.

  “Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Kendari untuk menanamkan sikap mental kepada para peserta pelatihan, mengembangkan program pelatihan kerja yang berorientasi pada kompetensi, meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja dalam berbagai keahlian dan keterampilan sesuai kejuruan masing-masing,” ucapnya.

  Selain itu, katanya, sudah menjadi bagian dari satu tugas dan fungsi pokok (tupoksi) BLK Kendari dalam menekan angka pengangguran melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi.

  Kurikulum Pelatihan, lanjutnya, berbasis kompetensi yang terdiri atas materi umum (soft skill) dan materi inti/kejuruan.

  “Penilaian peserta dilaksanakan setiap saat oleh instruktur untuk mengetahui perkembangan kompetensi yang telah diberikan yang dicapai oleh siswa peserta pelatihan. Hasil evaluasi bagi yang dinyatakan kompeten akan diberikan sertifikat pelatihan yang dikeluarkan oleh BLK Kendari,” ucapnya.

  Jumlah jurusan yang akan dibuka BLK Kendari Tahun 2020 ini berjumlah 12 jurusan, di antaranya, pengelolaan administarsi perkantoran I , asisten pembuat pakaian I, tata kecantikan kulit dan rambut I.

  Selanjutnya, juru ukur, SMAW 3kg paket I, Operator otomatis PLC I, tata kecantikan kulit I, customade wanita I, asisten pembuat pakaian I, computer operator asistant I, desain grafis I, dan service sepeda konvensional.(anjas)