Bandung Kota Pemuda Asia Timur-Amerika Latin

      Bandung, jurnalsumatra.com – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, wilayahnya dinobatkan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sebagai kota pergerakan pemuda Asia Timur-Amerika Latin.
“Dari Kemenlu, Kota Bandung sudah dipilih sebagai kota pusat pergerakan pemuda pemudi se-Asia Timur dan Amerika Latin,” ujar Ridwan Kamil di Gedung Kreatif Hub, Kamis.
Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, pemilihan ini merupakan sebuah penghargaan besar bagi Kota Bandung. Hal ini semakin memperpanjang rentetan sejarah yang ada di Kota Bandung.
Sebelumnya, Kota Bandung menorehkan tinta emas karena menjadi Ibukota negara Asia-Afrika. Dari catatan tersebut, Bandung menjadi tonggak awal lahirnya kemerdekaan bagi negara-negara di Asia-Afrika yang mengalami penjajahan.

      “Kini Kota Bandung menjadi pusat pergerakan pemuda Asia Timur dan Amerika Latin dalam hal gerakan pemuda dan ekonomi kreatif,” katanya.
Emil mengatakan, salah satu tempat di gedung Bandung Kreatif Hub akan menjadi kantor pusat pergerakan pemuda Asia Timur-Amerika Latin. Di tempat tersebut, pemuda akan saling mencurahkan ide serta gagasannya maupun bertukar budaya.
“Mudah-mudahan karena tahun depan saya sudah pensiun, saya ingin mendengar kabar ada karya cetar di gedung Bandung Kreatif Hub. Saya ingin dengar itu, itu kebahagiaan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply