Bangka Tengah Miliki Rumah Tunggu Kelahiran

Koba, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini sudah memiliki rumah tunggu kelahiran (RTK) sebagai bentuk pelayanan kesehatan optimal bagi ibu melahirkan.
“Rumah tunggu kelahiran ini kami nilai sangat penting untuk ibu hamil sebagai tempat istirahat dan persiapan sebelum melahirkan,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh usai meresmikan RTK tersebut di Pangkalanbaru, Rabu.
Ia menjelaskan, RTK ini tidak hanya berfungsi untuk ibu hamil yang akan melahirkan tetapi juga sebagai klinik ibu dan anak.
“Nanti juga difungsikan sebagai klinik ibu dan anak yang akan dilengkapi tenaga medis dan peralatan pendukung lainnya,” katanya.
Ia mengatakan, bidang kesehatan menjadi perhatian khusus pemerintah daerah termasuk pasien ibu hamil untuk menekan angka kematian ibu melahirkan di daerah itu.

“Karenanya pelayanan medis bagi ibu hamil harus dioptimalkan, termasuk menyediakan fasilitas dan sumber daya manusia kesehatan,” katanya.
Ibnu juga meminta tenaga bidan yang ada di pedesaan cepat tanggap dan langsung turun ke lapangan ketika mengetahui informasi ibu hamil di daerah mereka.
“Pelayanan kesehatan harus lebih ditingkatkan, pelayanan yang ramah, sopan dan murah senyum sehingga masyarakat benar-benar merasa terlayani,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 10 =