Banjir Landa Kecamatan Sanga Desa

Muba, jurnalsumatra.com – Sudah memasuki dua minggu ini banjir melanda UPT 1,2 dan 3 ( Sp1,2,3 ) desa Jud dan desa Air Balaui Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). 

Banjir tahunan berkedalaman mencapai 3 meter itu merendam seluruh pemukiman termasuk kebun warga, hingga warga diwilaya itu terisolir.

Anwar sala – satu warga UPT 3 ( Sp 3 ) yang masi bertahan dikediamannya menjelaskan bahwa  sebenarnya banjir sudah hampir dua bulan. Namun kedalaman yang mencapai 3 metèr baru masuk dua minggu ini. Sementara

warga yang masih bertahan atau belum mau mengungsi tersisa lebih-kurang 11 KK dari 185 KK.

“Kebanyakan warga mengungsi ke desa asal, tapi ada juga yang mengungsi ke PT. PPA dan PT. SAM. Saya sendiri dan keluarga belum mau mengungsi karena  masih menjaga pemukiman, jangan sampai tidak ada warga.”Ujarnya.

Sementara itu, Camat Sanga Desa Suganda saat di wawancarai awak media mengatakan, penyebab banjir ini disamping kondisi air sungai musi meluap adanya intentitas hujan yang cukup tinggi dan juga ada nya kiriman air dari uluan sungai musi sehingga debit air sangat cepat dan deras.

“akibat banjir ini 17 desa di kecamatan Sanga desa terkena dampak. Seperti aktivitas dan kesehatan warga terganggu  dan ada 3 desa yang terparah banjir mencapai 3 meter. yakni Sp1,Sp3.  Warganya sudah di epakuasi ke desa asal dan yang ke PT , di Sp 3 tersisa 11 kk lagi ,kita juga melalui BPBD kabupaten Muba sudah memberikan bantuan ke sebangian warga.” Jelas dia. (Rafik elyas)