Banjir Rendam 29 Rumah Di Situbondo

     Situbondo,jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Jawa Timur mencatat sebanyak 29 rumah warga di Kelurahan Ardirejo terendam banjir setelah wilayah ini diguyur hujan beberapa jam.
“Hujan deras sekitar tiga jam yang mengguyur wilayah Situbondo pada Senin (27/11) kemarin sore mengakibatkan puluhan rumah warga RT 1 RW 2, Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Kota terendam banjir,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo Gatot Trikorawan, di Situbondo, Selasa pagi.
Sedangkan ketinggian air yang merendam rumah warga itu, lanjut dia, mencapai satu meter hingga 1,5 meter. Namun air berangsur surut sejak sore hingga malam hari seiring hujan mulai reda.
Banjir yang merendam puluhan rumah warga di kawasan perkotaan itu, katanya lagi, disebabkan kurang optimal saluran pembuangan air di perkampungan tersebut. Selain itu, dikarenakan saluran irigasi tersumbat sampah.
“Kami mengimbau masyarakat tetap menjaga kebersihan di lingkungannya dan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menyumbat saluran irigasi,” katanya lagi.
Gatot menambahkan, pada waktu hampir bersamaan di wilayah barat Kabupaten Situbondo, yakni di Dusun Banteng Mati RT 01 RW 0, Desa Sumberanyar, Kecamatan Jatibanteng sebuah rumah kayu (semi permanen) ambruk atau roboh setelah hujan deras juga mengguyur wilayah itu.
“Pemilik rumah Nurgani (53) dan dua anggota keluarganya beruntung bisa menyelamatkan diri sebelum rumahnya ambruk. Rumah tersebut ambruk diduga sudah rapuh dan tak kuat diguyur hujan beberapa jam, dan untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp20 juta rupiah,” katanya pula.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 3 =