Bantul Deklarasikan Germas Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Bantul, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan deklarasi dan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat kabupaten ini.
Asisten Pemerintahan Setda Bantul Helmi Jamharis di Bantul, Jumat mengatakan, deklarasi dan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada Senin (10/11) dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-53 tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2017.
“Program yang perlu terus kita dorong adalah Germas. Dengan Germas, kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk Bangsa Indonesia yang kuat,” katanya.
Helmi yang mewakili Bupati Bantul Suharsono dalam sambutannya itu mengatakan, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 yang jatuh pada 12 November ini mengambil tema ‘Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”.

Ia menjelaskan, tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, yang mana sebuah keluarga itu menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat berkualitas.
Lebih lanjut, ia mengatakan, kegiatan tersebut harus menjadi momentum bagi seluruh insan kesehatan, khususnya jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, serta dukungan dari berbagai pihak terkait dan masyarakat.
“Tentunya momentum dalam merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bantul,” katanya.
Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah daerah juga mengajak seluruh masyarakat Bantul untuk menerapkan perilaku pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayur dan buah.
“Serta senantiasa berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” katanya.(anjas)

Leave a Reply