Banyak Saingan Harga Duku Murah Pembeli Tetap Sepi

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Murahnya harga jual buah Duku saat ini berbanding terbalik dengan ramainya prmbeli seperti yang diharap kan para  pedagang.

Pasalnya, sejak panen dan harga berkisar Rp.5 sampai 6 Ribu rupiah banyak pedagang buah Duku dadakan sehingga jangankan mengharap kan untung besar mendapat kembali modal saja para pedagang sudah bersyukur.

“Ai dek, rasonyo dengan keadaan sekarang susah sekali untuk  mengharap keuntung. Saingan banyak. Beruntung modal masih biso balek lagi, ” ungkap Sis (34) dalah satu pedagang Duku diPasar Lematang kota Lahat, Jum’at (9/3/2018).

Ia menjelaskan, sebelum panen buah duku tidak banyak pedagang serupa, namun saat ini dimana-mana mudah dijumpai para penjual duku sehingga meskipun harganya Rp.6ribu perkilogram keuntungan yang didapat sangat jauh dari yang diharap kan.

“Sekarang ini penjual Duku keliling juga ada dan biasanya mereka hasil kebun sendiri sehingga  rela menjual dibawah harga pasar. Jika sewaktu harga Duku Rp.12 ribu perkilogram pembeli memang tidak banyak namun bisa mendapat untung cukup besar, ” tuturnya.

Menurut Sis, menjual buah tidak seperti menjual barang lainnya, karena jika dalam waktu Seminggu dagangan tidak laku maka akan membusuk dak semakin tidak laku dijual. Karenanya, menjual modal lebih baik daripada merugi. Namun apapun hasilnya tetap saja ada masyarakat yang membeli buah duku.

“Hampir seluruh kebun Duku sudah panen, kami ambil dari pemilik kebun seharga Rp.4.500 perkiligran dan dijual seharga Rp.6.500. Keuntungan bersih sebesar Rp.1000 perkilogram karena dipoting biaya sewa lapak dan kebersihan dipasar,” imbuhnya.

Hal hampir serupa juga dikatakan, Rachman (38) pedagang Duku di Balayasa kota Lahat menuturkan, seiring dengan musim hujan buah duku juga ikut banjiri Kabupaten Lahat, Namun harga buah duku yang turun drastis dalam satu bulan terakhir memberikan efek yang tifak baik karena sebelumnya para pedagang terlanjur mengambil dengan harga yang tinggi.

“Akibatnya harga duku tidak stabil dikalangan pasar dengan harga di mulai dari Rp 7.000 perkilo hingga Rp 8.000 perkilogram. Jika ambil Dua kilo maka akan ada potongan harga dan inilah trik agar buah Duku laris manis, ” tegas Rachman. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 9 =