Bapas Palembang Bersama IPKEMINDO Adakan Seminar Daring

Palembang, jurnalsumatra.com –  Dalam rangka meningkatkan Kompetensi Pembimbing Kemasyarakatan (PK), Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) wilayah Sumatera Selatan bekerja sama dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Palembang, menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional Bertajuk ‘Peran dan fungsi Bapas Dalam Membangun Pengawasan dan Pembimbingan’. 

Webinar Nasional ini, dilaksanakan secara daring dan tatap muka dengan Bapas se-Indonesia melalui Aplikasi Zoom di Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Jum’at (26/6/2020).

Kegiatan tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel, Ajub Suratman dan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Alfi Zahrin Kiemas, sebagai narasumber dan dipandu oleh Kepala Bapas Kelas I Palembang, Agus Prakosa dan Ketua Ipkemindo Sumsel Hermi Asmawati sebagai Moderator.

Dalam mengupas proyeksi peran fungsi Bapas dan PK. Webinar Nasional ditayangkan secara Live Streaming melalui Channel YouTube Ipkemindo Sumsel diisi dengan tanya jawab oleh Bapas se Indonesia.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ajub Suratman, mengatakan peran dan fungsi PK Bapas adalah melakukan pengawasan dan menindaklanjuti pembinaan dari lapas terhadap mereka yang mendapatkan bebas bersyarat maupun asimilasi.

“Mekanisme pengawasannya akan melibatkan PK Bapas. Sehingga, mereka tetap diawasi oleh pk dari balai pemasyarakatan,” katanya.

Ajub menambahkan, dalam peradilan anak juga wajib melibatkan PK Bapass. Termasuk kita juga berkoordinasi dengan pihak RT/RW serta lurah maupun kepala desa. Namun, dalam kontek pandemi Covid-19 ini pihaknya melakukan pembinaan secara virtual.

“Situasi pandemi saat ini dilakukan pk bapas secara virtual namun terkadang terdapat kendala seperti hp rusak. Nah karena kita sudah berkomunikas dengan pihak tersebut, pk dapat mengetahui keberadaan mereka untuk dilakukan pembimbingan dan pembinaan, disitulah peran pk bapas melakukan pembimbingan agar mereka tidak melakukan pidana lagi,” katanya.(hen)