Bappeda Cianjur Maksimalkan Hibah Dari Dki Jakarta

     Cianjur, jurnalsumatra.com –  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Cianjur, Jawa Barat, memaksimalkan hibah dari DKI Jakarta untuk pembangunan infrastruktur lingkungan hidup dan pertanian.
Kepala Bappeda Cianjur Budi Rahayu Toyib, pada wartawan Sabtu, mengatakan, hibah tahun ini bakal dianggarkan untuk pengadaan armada dan sarana lingkungan hidup terutama pengelolaan sampah.
“Permasalahan sampah DKI Jakarta nantinya, sudah ada solusi karena sewaktu-waktu dapat membuang sampah dometik ke tempat pembuangan akhir baru di Cianjur tidak perlu lagi ke Bekasi,” katanya.
Dia menjelaskan Cianjur nantinya menjadi tujuan pembuangan sampah baru yang akan dibangun di wilayah, Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon.

“Cianjur pun, saat ini memerlukan sarana untuk urusan sampah, sehingga rencana tersebut akan saling mendukung. DKI Jakarta, membutuhkan lokasi, Cianjur yang menyediakan lahan,” katanya.
Sementara hibah DKI Jakarta tahun 2019, rencannya akan dialokaikan untuk infrastruktur pertanian dan hortikultua, sehingga hasil pangan tersebut akan menjadi pasokan untuk kebutuhan pangan ibu kota Jakarta.
“Tahun depan akan difokuskan untuk pembangunan irigasi, sehingga produksi pertanian dan hortikultura lebih meningkat. Cianjur bisa mempertahankan diri, sebagai pemasok utama pangan ke DKI Jakarta,” katanya.
Namun sebelumnya, tambah dia, pihaknya akan melakukan kajian terlebih dahulu dengan dinas/instansi terkait karena rekomendasi dari DKI Jakarta, diupayakan ke arah penanganan masalah lalulinta.
“Akses ke Jakarta melalui Cianjur kerap terjadi kemacetan, sehingga akan dibahas dulu untuk tepatnya mau ke arah mana.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − two =