Barang Rongsokan Disulap Menjadi Barang Bernilai Ekonomis


Muba, jurnalsumatra.com – Dengan sentuhan tangan kreatif ibu-ibu di Desa Rimba Ukur (C5) Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), barang rongsokan yang sudah tidak berguna lagi, bisa disulap dan dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Sementara ide untuk memanfaatkan limbah plastic bekas itu muncul, setelah ibu-ibu rumah tangga melihat banyaknya barang rongsokan seperti, cangkir bekas Teh Gelas, Power F, Fanther dan cangkir bekas air mineral yang berserakan seusai pesta pernikahan/khitanan warga setempat.

“Dari pada berserakan, mendingan kita pungut untuk dijadikan bahan baku berbagai jenis barang. Seperti tempat tisu, rantang buah, Toples  permen, Toples kue, wadah air mineral, tempat sampah dan lain-lain,”Ujar Risnawati (33) salah-satu pengrajin saat dibincangi wartawan Jurnal Sumatra.com dikediamannya kemarin.

Semetara Sani (50) warga setempat mengaku bangga terhadap ibu-ibu pengrajin yang memanfaatkan limbah plastic bekas. Karena menurut dia, keterampilan tersebut sangat bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan.

“Saya bangga dengan ibu-ibu rumah tangga disini, waktu senggang mereka dimanfaatkan untuk menganyam dan memungut limbah plastic bekas,  ini sangat bermanfaat bagi keluarga terutama ligkungan jadi bersih, hasilnya baguskan,”Kata Sani sambil menunjukan karya para ibu-ibu rumah tangga tersebut. (Rafik elyas)