Barca Raih Piala Super Setelah Taklukkan Sevilla

    Tangier, jurnalsumatra.com – Barcelona mengangkat Piala Super Spanyol untuk ke-13 kalinya dengan bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 atas Sevilla pada Minggu, berkat gol dari pemain sayap Prancis Ousmane Dembele dan keberhasilan Marc-Andre ter Stegen menggagalkan penalti.
Runner up Piala Raja Sevilla secara mengejutkan unggul terlebih dahulu pada pertandingan pembukaan musim melawan Barcelona, ketika Pablo Sarabia mencetak gol pada menit ketiga setelah Luis Muriel membuka jalan untuk membongkar pertahanan Barca.
Video asisten wasit (VAR) digunakan untuk pertama kalinya di sepak bola Spanyol untuk mengesahkan gol tersebut, yang awalnya dianggap offside.
Gerard Pique menyamakan kedudukan untuk Barca tidak lama sebelum turun minum dengan menyambar bola pantul setelah tendangan bebas Lionel Messi mengenai tiang gawang, sedangkan pemain Sevilla Franco Vazquez menanduk bola yang melambung di atas mistar gawang pada babak kedua di Tangier, Maroko.
Kompetisi ini, yang kali ini tidak menggunakan format dua leg dan juga dimainkan di luar Spanyol untuk pertama kalinya, terlihat akan diteruskan ke perpanjangan waktu sampai Dembele bergerak dari luar kotak penalti dan tembakannya masuk ke bagian atas gawang pada menit ke-78.

“Ini merupakan pertandingan yang benar-benar sulit karena kami kemasukan gol sangat dini, dan kami harus bangkit. Banyak pemain yang baru belakangan ini kembali dari liburan dan inilah hasilnya,” kata pelatih Barca Ernesto Valverde kepada para pewarta.
“Kami berkembang seiring jalannya pertandingan. Ini adalah pertandingan yang menarik dan mereka juga memiliki peluang-peluangnya. Kemenangan ini bagus karena ini memberi Anda keyakinan pada apa yang Anda lakukan dan ini mengizinkan Anda memulai musim dengan kaki yang berada di depan.”
Sevilla memiliki peluang emas larut untuk memaksakan perpanjangan waktu ketika mantan pemain Barca Aleix Vidal dilanggar Ter Stegen pada menit ke-89, namun eksekusi penalti pemain pengganti Wissam Ben Yedder mengeksekusi penalti dengan sepakan lemah yang dapat dengan mudah ditangkap sang kiper asal Jerman.
“Tim saya layak mendapat banyak kredit karena memperlihatkan bahwa kami memiliki semangat juang dan keberanian setelah gol bagus Dembele dan bukan hanya kami memenangi penalti, namun juga kami mengerubungi gawang mereka,” kata pelatih Sevilla Pablo Machin.
“Rasanya menyakitkan untuk kehilangan trofi seperti ini namun ketika tim Anda bersaing sampai akhir dan memperlihatkan semangat seperti yang kami lakukan hari ini, Anda tidak dapat meminta lebih.”
Kapten baru Barca Messi mengangkat trofi pertamanya sejak dipercaya mengenakan ban kapten menggantikan mantan gelandang Andres Iniesta, dan pria Argentina itu juga melampaui pemain Spanyol tersebut sebagai pemain Barca dengan raihan trofi terbanyak, yakni 33.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 18 =