Barut Minta Investor Maksimal Bantu Korban Banjir

    Muara Teweh, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah minta para pengusaha yang menanamkan investasinya di daerah setempat untuk maksimal memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban bencana diantaranya banjir.
“Para pengusaha bila memberikan bantuan harus secara serius dan signifikan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabuaten Barito Utara (Barut) Gazali Montallatua di Muara Teweh, Selasa.
Menurut Gazali, pemerintah daerah minta pengusaha tanpa diminta apabila ada bencana banjir, tanah longsor, angin topan dan kebakaran lahan dan hutan harus menyalurkan bantuan dan benar-benar peduli.
Begitu juga dengan program bantuan sosial kemasyarakatan (CSR) para pelaku dunia usaha harus serius membantu pemerintah dan masyarakat.
“Bahkan Pak Bupati Barito Utara Nadalsyah merasa prihatin dan kurang puas karena ada perusahaan tambang batu bara hanya membantu  mie instan sebanyak 10 dos dan beras 100 kilogram untuk korban banjir, bantuan itu sifatnya ecek-ecek karena gaung nya investor tambang tapi dalam membantu kurang maksimal, malu kita dengan warga,” kata Gazali.

     Dia mengajak para perusahaan jika ingin membantu masyarakat yang menjadi korban bencana khususnya saat ini banjir untuk selau berkoordinasi dengan pihaknya dan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Barito Utara.
Apalagi saat ini masih dalam tanggap darurat terhadap banjir, sehingga perlu partisipasinya untuk membantu warga korban banjir.
“Kami hanya memgimbau agar investor jujur dalam berusahaan dan dapat memberikan yang terbaik bagi warga yang terkena musibah,” kata dia.
Pemkab Barito Utara juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada dunia usaha yang telah membantu masyarakat yang menjadi korban banjir yang terjadi dienam kecamatan yang terjadi dalam sepekan terakhir.
“Saat ini pemerintah daerah telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat terutama korban banjir,” ujar Gazali.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 4 =