Basarnas Evakuasi ABK Filipina Di Perairan Aceh

     Banda Aceh, jurnalsumatra.com – Tim  Basarnas Banda Aceh mengevakuasi anak buah kapal (ABK) Filipina MV Shimanami Star bermuatan kayu Log karena mengalami kecelakaan kerja saat kapal tersebut dalam palayaran di perairan Teluk Benggala antara  Pulau Aceh-Pulau Sabang.
      Kapten Kapal KN Krisna Basarnas Banda Aceh, Supriadi di Banda Aceh, Sabtu mengatakan ABK Filipina yang mengalami kecelakaan kerja dan dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) itu bernama Noel N Del Rosarii.
      Ia menjelaskan dari hasil pemeriksaan petugas kesehatan Karantina pelabuhan Ulee Lheue, ABK Filipina tersebut mengalami patah tulang pada tangan dan kaki karena tertimpa kayu log.
      Evakuasi tersebut dilakukan Tim gabungan Basarnas, Karatina Pelabuhan, Imigrasi dan Bea Cukai setelah mendapat permintaan evakuasi medis dari agen pelayaran (Pelni) pada Jumat malam sekitar pukul 22.00 Wib.
      Ia menjelaskan proses evakuasi ABK  Kapal kargo MV Shimanami Star dengan muatan kayu log yang berangkat dari Singapura menuju India berlangsung berlangsung selama satu jam.
     Sebelum evakuasi, petugas karantina pelabuhan juga memeriksa kesehatan untuk memastikan penyebab kecelakaan dan antisipasi penyakit membahayakan terhadap ABK yang mengalami kecelakaan kerja tersebut.
     “Setiap ABK yang dievakuasi, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan tidak terjangkit penyakit menular atau penyakit berbahaya. Proses pemeriksaan ABK itu, perlu dilakukan dan setelah dinyatakan aman , baru dilakukan evakuasi untuk mendapat perawatan di rumah sakit Banda Aceh,” kata Anggota Tim Kesehatan Pelabuhan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − three =