Baslini Pimpin Rapat Kegiatan Implementasi E Raport

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Kepala Sekolah SMA 4 Unggulan Lahat, Baslini MPd, Rabu (31/10/2018), pimpin rapat bersama dalam kegiatan mengimplementasikan E Raport bersama 5 SMA di Lahat.

Kelima sekolah tersebut yakni, SMAN 1 Lahat, SMAN 2 Lahat, SMAN 3 Lahat, SMAN 5 Lahat dan SMA Al Kaustsar Lahat. Semua ini dilakukan berdasarkan Intruksi dari Pemerintah Pusat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

“Intinya, setiap sekolah menengah atas (SMA) Negeri dan Swasta, agar menerapkan Elektronik Raport (E-Raport),” ungkap kepala SMA Unggul 4 Negeri Lahat, Baslini MPd, pada Rabu kemarin.

Dijelaskan Baslini, melalui in house training (IHT), sebagai implementasi dari E-Raport. Untuk proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer.

“Semua program telah disiapkan guna mendukung pendidikan di abad 21 ini. Dengan e raport yang berbasis online ini nantinya semua pihak termasuk orang tua siswa dapat mengakses nilainya secara online, sehingga kapan diperlukan tinggal ambil data nilai tersebut di dapodik. Karena satu-satunya sumber data pendidikan disekolah ada pada dapodik,” jelas Baslini.

Menurutnya, E raport ini dapat mempermudah tugas guru mendekati akhir semester karena harus mengisi rapor untuk seluruh siswanya. Namun sepertinya jika e raport ini telah terlaksana, hal tersebut tak lagi bakal menjadi masalah karena adanya aplikasi E-Rapport yang bisa memudahkan kinerja guru menginput data dan nilai para siswa

“Nantinya semua pihak termasuk orang tua siswa dapat mengakses nilai secara online, sehingga kapan diperlukan tinggal ambil data nilai tersebut di dapodik. Karena itu satu-satunya sumber data pendidikan disekolah,” pungkasnya.

Acara tersebut, diikuti oleh seluruh guru dan pegawai dilingkungan SMA Unggul Negeri 4 Lahat, dan sekolah imbas yaitu SMA Negeri 1 Lahat, SMA Negeri 2 Lahat, SMA Negeri 3 Lahat, SMA Negeri 5 Lahat,  AL KAUTSAR Lahat dan SMA Muhammadiyah Lahat. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − five =