Basmi Tikus Dengan Merecon

Kayuagung, jurnalsumatra.com – Untuk membasmi perkembangbiakan hama tikur dipersawahan, petani di Kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya, bersama Kepala desa, Polri TNI, Penyuluh pertanian, bergotong royog membasmi tikus dengna merecon tikus, Sabtu (18/11).
Kepala Dinas Pertanian OKI Syarifuddin, mengatakan perkembang biakan hama tikus saat ini didukung oleh iklim. Untuk itu agar penanaman awal tahun mendatang bisa terhindar dari hama tikus maka dilakukan pembasmian. Pihaknya juga mengimbau kepada petani untuk menjaga ekosistem lingkungan, seperti ular, kucing, burung hantu atau karnivora pemakan tikus lainnya.
Guna menekan populasi hama tikus yang selalu mengancam tanaman padi. Para petani yang  ada di Kecamatan Lempuing Jaya dan Lempuing setiap awal musim tanam melakukan geropyokan tikus atau menggunakan mercon tikus. Pengendalian ini menggunakan gas elpiji 3 kg  dan stik semawar panjang untuk menyalakan api  membakar lobang-lobang tikus yang telah diisi  butiran belerang di pematang sawah.
“Akibatnya tikus akan keluar atau mati di dalam lobang menghisap asap belerang,” ungkapnya, Minggu (19/11).
Cara seperti ini sangat efektif dan tidak berdampak negatif terhadap mahluk hidup lainnya di sekitar lokasi bila dibandingkan menggunakan rodentisida (racun tikus) serta memupuk rasa gotong royong dan kekompakan sesama petani.  Geropyokan ini  dilakukan setiap awal musim tanam didampingi oleh petugas pertanian (UPTD, PPL), perangkat desa serta para Babinsa dan Babinkamtibmas setempat.
“Kita harapkan gerakan ini dapat diikuti oleh petani-petani lain di Kabupaten OKI terutama pada kawasan sentra padi yang rawan serangan hama tikus, serta dapat menjamin pengamanan produksi padi tahun 2018,” tukasnya.(ata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 5 =