Baturaja Jadi Destinasi Anjal dan Orgil

Baturaja, OKU, Sumsel, jurnalsumatra.com – Satuan Polisi Pamong Praja Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan  semakin gencar memantau sepak terjang Anak Jalanan (Anjal) serta Orang Dengan Gangguan Jiwa di dua tempat Kota Baturaja. Pasalnya,  keberadaan mereka mulai meresahkan warga.

Kabid Trantib Satpol PP OKU, Sofyan  mengatakan,  ada  2 orang Anjal dan 2 Orang Gangguan Jiwa terpaksa di tangkap dan dibawa ke Dinas Sosial setempat untuk dilakukan pembinaan. Ada dua anjal itu adalah Joni (18) warga Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Baturaja Barat dan rekanya  Raja (11) warga Air Karang, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur. Remaja tanggung ini bermarkas di belakang RSUD Dr Ibnu Sutowo.

”Awalnya kedua anjal itu menolak digiring  Satpol PP dan  mengaku bukan anjal. Namun setelah ditegaskan keduanya bersedia dibawa ke kantor Dinsos. Gerak gerik mereka  sejak beberapa hari terahir ini sudah kita pantau termasuk aktivitasnya dan mereka memang anjal, karena itu kita amankan   untuk dibina,” ujarnya.

Sofyan manambahkan,   pihaknya juga menyisir kawasan Pasar Atas Baturaja dan berhasil mengangkut dua orang dengan setatus  gangguan jiwa (ODGJ). Keduanya berjenis kelamin perempuan. “Orgil di Sukajadi juga kami angkut karena  sudah  meresahkan warga,” bebernya.

Lebih lanjut Sofyan menjelaskan,  penertiban semacam ini  sering dilakukan. Tapi keberadaan Anjal, Anak Punk dan Orgil seperti patah tumbuh hilang berganti.

“Kita tak lain dalam rangka menjaga kemanan dan ketertiban serta upaya cipta kondisi, kita akan lakukan pemantauan secara terus menerus,kalaup ada yang baru lagi langsung diamankan untuk di Bina,” paparnya.

Terpisah  Kepala Dinas Sosial OKU, Syaiful Kamal didampingi Kabid Rehabilitasi Sosial, Elva Rosanti mengungkapkan, untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) langsung  direkomendasikan ke Yayasan Al Ikhlas, Banyuasin. “Anjal dikirim ke Panti by Dharmapala di Inderalaya guna  diberikan bimbingan mental dan keterampilan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − seven =