Bawaslu Bangka Tengah Awasi Tes Calon PPK

     Koba, jurnalsumatra.com – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengawasi pelaksanaan tes tertulis calon anggota panitia pemilih kecamatan (PPK) yang diselenggarakan pihak KPU daerah itu.
“Perekrutan anggota PPK bagian dari ranah pengawasan kami juga, maka kami memantau dan mengawasi ujian tertulis yang diikuti 76 calon anggota PPK,” kata anggota Bawaslu Bangka Tengah, Utoyo usai mengawasi pelaksanaan ujian tertulis calon anggota PPK di SMAN 1 Koba, Ahad.
Ia menjelaskan, pengawasan dilakukan agar rekrutmen calon anggota PPK berjalan lebih jujur tanpa ada kecurangan sehingga terpilih mereka yang benar-benar memiliki integritas tinggi.

“Ini penting bagi Bawaslu dan KPU karena anggota PPK bagian dari penyelenggara pesta demokrasi, bahkan peran mereka sangat penting   karena berada di garda terdepan,” katanya.
Ia mengatakan, Bawaslu dalam melakukan pengawasan menggunakan dua cara yaitu mendengar dan mengawasi sebelum melakukan tindakan sesuai dengan apa yang ditemukan di lapangan.
“Namun sejauh ini kami melihat rekrutmen calon anggota PPK tidak ada masalah, semuanya berjalan baik-baik saja tanpa ada kecurangan yang dilakukan pihak KPU,” katanya.
Ia mengatakan, pengawasan ini dilakukan juga membantu KPU dalam merekrut calon anggota PPK yang netral dan tidak terlibat dalam kepentingan politik praktis.
“Ini bagian dari tugas kami dan juga membantu tugas KPU, juga bentuk koordinasi antarsesama lembaga penyelenggara pemilihan umum dengan satu tujuan yaitu menyukseskan pesta demokrasi,” katanya.(anjas)

Leave a Reply