Bawaslu Buka Pendaftran PTPS

Palembang, jurnalsumatra.com – Mulai senin tanggal 21 sampai 25 Mei 2018 Bawaslu Sumsel resmi membuka pendaftaran untuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Se-sumatera Selatan dibutuhkan sebanyak  16.899 orang Pengawas TPS, yang masing-masing TPS akan ditugaskan satu orang Pengawas TPS pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumsel 2018.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Bawaslu Sumsel Divisi SDM dan Organisasi, Ini Irwanto ST MM di sela kegiatan rakor pembentukan pengawas TPS dan persiapan Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara, Senin (21/5/2018).

Iin Irwanto mengatakan, bahwa untuk pendaftaran pengawas TPS dibuka di seluruh sekretariat atau kantor panwaslu kecamatan Se Sumatera selatan. “Salah satu tugas dan fungsinya yaitu memastikan pemungutan dan penghitungan suara berjalan berpedoman pada peraturan yang ada,” ujarnya.

Iin menjelaskan, pengawas TPS ini tidak hanya bekerja pada hari H pemilihan saja. Tetapi juga bekerja terkait persiapan menjelang pemungutan suara pada hari H, seperti pengawasan pendistribusian logistik, persiapan tempat pemungutan suara, pembagian C6, dan juga memastikan tidak adanya praktik politik uang di masa tenang.

Iin menjelaskan, rekrutmen pengawas TPS ini diumumkan sampai ke pengawas kelurahan dan desa mulai hari ini. Pengumuman pendaftaran pada tanggal 21 – 25 mei 2018. Pada tanggal 21-27 mei 2018 proses pendaftaran dan penerimaan berkas. selain itu juga dilakukan penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi.

“Sesuai jadwal tahapan pembentukan, Pengawas TPS terpilih akan dilantik pada 3 juni 2018 mendatang. Untuk masa kerja 23 hari sebelum pilkada sumsel dan 7 hari setelah pelaksanaan pilkada sumsel 2018,” bebernya.

Iin menjelaskan, agar berjalan sukses, pihaknya berharap kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan dan berminat di bidang pemilu untuk mendaftar. “Kami akan melakukan penyeleksian secara ketat untuk pembentukan pengawas TPS ini, mulai dari rekam jejak hingga pengalaman. Siapa yang terbaik akan terpilih. Sebelum turun kelapangan untuk bekerja, kami akan melakukan bimtek terlebih dahulu kepada pengawas TPS yang terpilih agar nantinya dapat menjalankan tugas sesuai dengan pedoman dan aturan yang berlaku,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 7 =