Bawaslu Imbau Masyarakat Pastikan Nama Masuk DPTHP-2

    Baturaja, Sumsel, jurnalsumatra.com – Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengimbau masyarakat di wilayah itu agar memastikan namanya masuk dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP-2) untuk Pemilu 2019 di wilayah itu.
“Masyarakat kami imbau untuk mengecek dan memastikan nama mereka apakah sudah masuk dalam DPTHP-2 atau belum,” kata Ketua Bawaslu Ogan Komering Ulu, Dewantara Jaya melalui Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga dan Humas, Yeyen Andrizal di Baturaja, Rabu.
Jika belum masuk dalam DPTHP-2, dia juga mengimbau agar masyarakat segera melapor atau menghubungi pihak Bawaslu setempat ataupun jajaran dibawahnya serta KPU Ogan Komering Ulu.
“Kalau pada kami bisa melapor ke Panwaslu yang ada di kecamatan atau kelurahan dan desa. Sedangkan di KPU bisa juga ke PPK,” tuturnya.
Dia menjelaskan, pemberitahuan atau laporan tersebut harus dilengkapi dengan dokumen kependudukan seperi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).
“Cukup salah satu persyaratan tersebut saja juga boleh,” ucapnya.

  Laporan tersebut kata dia, nantinya diteliti dan jika memenuhi syarat (MS) maka namanya akan dimasukan oleh KPU ke Daftar Pemilih Tambahan (DPTB).
“Untuk mengecek apakah masuk dalam DPHTB-2 atau belum bisa dicek di kantor kelurahan dan desa atau PPS wilayah masing-masing,” jelasnya.
Menurut dia, saat ini pihaknya di tingkat Panwaslu Kecamatan sedang melakukan pencermatan DPTHP-2 yang telah diumumkan oleh pihak KPU setempat.
Sebelum DPTHP-2 diumumkan, lanjut dia, pihaknya menemukan adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) untuk dilakukan perbaikan oleh pihak KPU Ogan Komering Ulu.
“Kami mencermati lagi DPTHP-2 yang sudah diumumkan tersebut apakah hasil temuan terkait pemilih TMS itu masih ada atau sudah hilang. Jika masih ada pemilih TMS, maka akan disampaikan ke KPU dan dilakukan arsir atau ditandai tidak bisa hanya dicoret saja,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + twenty =