Bawaslu OI Gelar Sosialisasi

OGAN ILIR, jurnalsumatra.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Sosialisasi Tatap Muka Kepada Kelompok Masyarakat Rentan di Kabupaten OI, Selasa (3/12/2019).

Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu  DR. Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan hak pilih kelompok masyarakat rentan untuk pilkada yang digelar tahun depan.

“Kelompok masyarakat seperti penyandang disabilitas, mahasiwa, pelajar, dan organisasi masyarakat ini tidak dapat menggunakan hak pilihnya karena terhambat beberapa hal misalnya fasilitas bagi penyandang disabilitas yang kurang memadai di TPS” Katanya.

Ditambahkannya, “Bawaslu tidak ingin hal itu terjadi lagi. Kami berupaya agar masyarakat yang punya suara dan bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 2020,” Tambahnya.

Dirinya juga meyakini bahwa Bawaslu mengajak masyarakat rentan turut berpartisipasi dalam mengawasi tahapan pilkada hingga selesai. Masyarakat, lanjutnya, tidak hanya sekedar menggunakan hak suara, tetapi juga berhak melakukan pengawasan dan melaporkan bila ada peserta pemilu yang melanggar aturan.

“Sesuai dengan konsep Bawaslu. Bersama Rakyat Awasi Pemilu. Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu,” Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten OI Dermawan Iskandar menuturkan, Bawaslu tidak bisa berjalan sendirian dalam menjalankan tugas mengawasi tahapan Pilkada Serentak 2020. Baginya, butuh kerja sama dengan stakeholder tentang pemilu, termasuk partisipasi dari masyarakat untuk sukseskan tahapan pemilu sampai selesai.

“Kami membutuhkan banyak kritik, masukan dan informasi dari berbagai pihak supaya kerja kami maksimal. Saya yakin diskusi ini akan menghasilkan sesuatu yang baik,” Tukasnya. 

Acara Sosialisasi tersebut diikuti oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari Karang Taruna, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Insan Pers dan juga tamu undangan lainnya. (Edi)