Baznas Biak Segera Berlakukan NPWZ Muzaki

     Biak, jurnalsumatra.com –  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan membagikan kartu Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) sebagai tanda wajib zakat kepada para muzaki.
“Kedepan setiap muzaki sudah harus punya NPWZ, ya ini  merupakan salah satu terobosan Baznas Biak Numfor  untuk mempermudah pembayaran zakat,” kata Komisioner Baznas Biak, Umar Saleh di Biak, Kamis.
Ia menambahkan tujuan utama penerapan NPWZ adalah, untuk mempermudah pembayaran zakat bagi para muzaki di Biak Numfor.
Selain memudahkan bagi para muzaki, menurutnya pemberlakukan NPWZ juga diharapkan akan meningkatkan perolehan zakat di Biak Numfor.

Ia menyebutkan jika NPWZ sudah diberlakukan maka Biak Nmfor merupakan kota pertama di Papua yang akan menerapkannya.
Umar berharap, terobosan Baznas ini bisa membantu muzaki sekaligus membantu warga kurang mampu.
Apabila perolehan zakat meningkat dibayar muzaki, menurut mantan Kabag Humas Pemkab Biak itu, maka akan semakin banyak manfaat diperoleh masyarakat yang bisa dibantu.
Terkait dengan pendistribusian zakat, sebutnya Baznas Biak Numfor masih melakukan pendataan penerimaan setoran dari unit pegumpul zakat di masjid dan mushala.
“Data penerima zakat untuk Biak Numfor masih dilakukan validasi oleh Baznas, ya jika selesai akan dilakukan pendistribusian,” katanya.
Hingga, Kamis pengurus Baznas Biak menargetkan perolehan zakat maal, fitrah infaq dan shadaqah ditargetkan meningkat.(anjas)

Leave a Reply