Baznas OKU Luncurkan Program Jumat Sadaqoh

     Baturaja, jurnalsumatra.com – Badan Amil Zakat Nasional wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan meluncurkan program Jumat Sadaqoh Rp500 bagi setiap pelajar di seluruh sekolah wilayah setempat.

     “Program Sadaqoh Rp500 ini berbasis pelajar sekolah yang nantinya dilakukan setiap siswa dengan bersedekah sebesar Rp500 sekali dalam sepekan setiap Jumat,” kata Wakil Ketua II Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Ogan Komering Ulu (OKU), Sofyan Ansori di Baturaja, Sabtu.

     Dia mengatakan, kegiatan Jumat Sadaqoh yang segera diluncurkan itu diperuntukan bagi seluruh pelajar sekolah mulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga tingkat SMA sederajat di wilayah itu.

     Program tersebut, kata dia, bertujuan untuk membudayakan sedekah bagi para pelajar karena dengan menggalakan sifat gemar Bersedekah dapat membangun akhlak mulia serta meningkatkan nilai keimanan dan ketuhanan Yang Maha Esa.

     “Uang hasil sedekah akan dikumpulkan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap sekolah,” jelasnya.

     Untuk melaksanakan program ini, lanjut dia, Baznas OKU bakal menggelar sosialisasi pengelolaan UPZ bagi seluruh kepala sekolah di kota Baturaja.

     “Sosialisasi pengelolaan UPZ berbasis sekolah rencananya akan diikuti sekitar 200 kepala sekolah di Kota Baturaja,” jelasnya.

     Materi sosialisasi pengelolaan UPZ berbasis sekolah terdiri dari kepentingan Baznas menurut aturan yang berlaku, manajemen unit pengumpul zakat berbasis sekolah, zakat dan implementasi serta tanya jawab.

     “Narasumber acara ini berasal dari Baznas OKU dan Dinas Pendidikan setempat,” kata dia.

     Ia berharap, agar seluruh kepala sekolah dapat menghadiri sosialisasi yang akan dilkasanaan dalam waktu ini agar paham tentang pengelolaan, penghimpunan dan pendistribusian zakat ataupun infak serta makna dari sedekah itu sendiri.(anjas)

Leave a Reply