BB Narkoba Dari 56 Perkara Dimusnakan

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Bertempat dihalaman Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat, Kamis (7/12), kemarin, melakukan pemusnahan barang bukti (BB) narkotika dari 56 perkara yang ditangani selama 10 bulan terakhir, yakni dari bulan Januari sampai dengan Oktober 2017. Selain itu, BB dari 8 perkara senjata api rakitan juga turut dimusnahkan serta beberapa jekpot permainan judi juga turut dimusnahkan.

Pembakaran dilakukan bersama  Kapolres Lahat, AKBP Robby Karya Adi SIK, Plt Sekda Lahat, H Haryanto SE MM MBA, Kejari Lahat, H Helmi SH MH, Kepala Pengadilan Negeri, Kasdim,Denpail, serta tokoh agama. Sementara BB senpira dimusnakan cara dipotong potong, sedangkan amunisi atau peluru sebanyak 63 butir itu diserahkan kepihak Denpal Lahat untuk di tindak lajuti.

“Barang bukti jenis Narkotika ini dari 56 perkara yang kita tangani ini dengan Polres Lahat selama 10 bulan dari Januari sampai Oktober 2017. Begitu juga dengan BB jenis Sanpira rakitan dengan jumah 8 perkara,”ujar Kejari Lahat, H Helmi SH MH.

Helmi menjelaskan, seluruh BB yang dimusnahkan sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. BB tersebut terdiri dari ganja 85 gram, kristal 49,811 gram, dan tablet sebanyak 80 butir. sedangkan untuk senpira rakitan terdiri dari, 2 pucuk senjata laras panjang, dan 8 pucuk senjata laras pendek.

“Selain itu, turut dibakar tiga bok jekpot permainan judi. Pemusnahan BB ini bukti keseriusan kami menangani perkara di wilayah Kabupaten Lahat,”imbuhnya.

Ditempat yang sama Kapolres Lahat, AKBP Robby Karya Adi SIK mengatakan, pemusnahan BB tersebut juga dilakukan bersama sama dalam menanggani kasus kejahatan dan hukum diwilayah Kabupaten Lahat.

“Untuk kesekian kita melakukan pemusnahan barang bukti jenis sabu yang sebelumnya telah disisihkan sebagai barang bukti,”terangnya.

Sementara itu, Bupati Lahat melalui Plt Sekda Lahat,H Haryanto SE MM MBA mengatakan, Pemda Lahat turut mengapresiasikan kinerja penegak hukum di Kabupaten Lahat dalam menindak kejahatan.

“Hari ini, bersama sama dengan Kejari, Kapolres, Pengadilan, dan TNI kita melakukan pemusnahan terhadap BB, dan kami pun memberikan apresiasi bagi penegak hukum di Kabupaten Lahat dalam menindak bentuk kejahatan di wilayah Kabupaten Lahat,” ujar Sekda Lahat. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 8 =