BBM Nelayan Mataram Akan Dikonversi Ke Gas

    Mataram, jurnalsumatra.com –  Ratusan nelayan di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi sasaran program konversi bahan bakar minyak ke gas dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral agar lebih efisien.
Kepala Dinas Perikanan Kota Mataram Baiq Sujihartini di Mataram, Selasa, mengatakan, nelayan yang menjadi sasaran program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke gas sebanyak 463 nelayan dari 1.446 nelayan yang ada di kota ini.
“Sebanyak 463 nelayan yang akan menjadi sasaran konversi tersebut dinilai memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kementerian ESDM,” katanya.
Persyaratan yang dimaksudkan kata Sujihartini yang didampingi Kepala Bidang Perairan Tangkap Emir A Rumair adalah, kapasitas mesin di bawah 13 PK, dan mesin yang dimiliki adalah jenis mesin ketinting bukan mesin tempel.
Dari hasil pendataan, ternyata nelayan Mataram lebih banyak menggunakan mesin tempel, sehingga yang menjadi sasaran program konversi kurang dari 500 nelayan.

     “Perlu diketahui, program konversi ini bukan memberikan mesin baru kepada nelayan, namun mesin ketinting milik nelayan dimodifikasi agar bisa menggunakan tabung elpiji,” katanya.              Konversi BBM ke gas ini tentunya memberikan keuntungan bagi nelayan, karena dengan adanya program itu biaya operasional nelayan bisa lebih murah jika dibangingkan dengan menggunakan BBM.
Misalnya, katanya, jika sekali melaut nelayan harus mengisi BBM 100 ribu, maka dengan dua tabung elpiji tiga kilogram bisa digunakan sampai dua hari secara terus menerus.
Sementara untuk menghindari adanya kekurangan kuota elpiji rumah tangga, maka Kementerian ESDM akan membuka agen elpiji khusus untuk nelayan.
“Jadi yang boleh membeli elpiji pada agen tersebut adalah nelayan, dengan menunjukkan kartu nelayan dan tidak boleh diperjualbelikan untuk kebutuhan rumah tangga,” katanya.
Program konversi BBM untuk nelayan tersebut direncanakan akan dilaksanakan pertengahan tahun ini, dan saat ini sedang dilakukan sosialisasi ke nelayan.(anjas)

Leave a Reply