Beasiswa bagi Mahasiswa UAD Tahfidz Qur’an

YOGYAKARTA, jurnalsumatra.com — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dikenal sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang sangat memperhatikan terjaganya al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dengan mewajibkan civitas akademika untuk dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.

Juga diterapkannya kurikulum Tahfidzul Qur’an di beberapa fakultas, dan mengarahkan mahasiswa serta dosen untuk melakukan penelitian tentang living Qur’an.

Dan untuk kali pertama, Margaria Group Yogyakarta berikan beasiswa peningkatan prestasi akademik alokasi khusus sebesar Rp 200 juta bagi 20 mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang ikuti program Haflah Tahfidz Qur’an selama tiga tahun.

Beasiswa diserahkan H Herry Zudianto, SE, Akt, MM selaku owner Margaria Group, didampingi Dr Dedi Pramono, MHum (Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni) mewakili Rektor UAD Dr Kasiyarno, MHum, di Masjid Islamic Center Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Jl Jenderal A Yani, Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Sabtu (2/6/2018).

Dari 60 mahasiswa yang ikut seleksi, maka 20 di antaranya terpilih ikuti program Haflah Tahfidz Qur’an. “Karena banyaknya yang daftar, maka mahasiswa itu kami seleksi,” kata Nurcholis, MAg, Ketua Tim Seleksi.

Beasiswa itu merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Margaria Group bagi mahasiswa berprestasi. Dan ke depan, semakin banyak mahasiswa yang ikut program itu.

Dalam acara Haflah Nuzulul  Qur’an dan penyerahan beasiswa pendidikan, H Herry Zudianto berharap mahasiswa yang terpilih minimal harus hafal 3 juz. “Itu minimal, dan lebih banyak lebih baik,” kata Herry Zudianto.

Dijelaskan Dedi Pramono, yang didampingi Danang Sukantar (Kabid Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni) UAD, penerima beasiswa itu tersebar di 7 program studi dan beasiswa itu merupakan bagian dari Corporate Social Responcibility (CSR) Margaria Group bagi mahasiswa berprestasi di UAD Yogyakarta angkatan 2015-2017. “Dan ke depan, semakin banyak mahasiswa yang ikut program itu,” papar Dedi Pramono.

Sementara itu, Danang Sukantar, menjelaskan, sejak tahun 2007 UAD Yogyakarta bersama Persyarikatan Muhammadiyah sudah berikan beasiswa yang semuanya mencapai Rp 500 juta.

Disampaikan M Ridwan, Sekretaris Corporate Margaria Group, sebanyak 20 mahasiswa mendapat beasiswa masing-masing Rp 1 juta untuk Juni-Juli 2018. “Dan tiap semester mendapat jumlah yang sama selama tiga tahun ke depan,” kata M Ridwan. (Affan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 8 =