Belanja Makan-Minum DPRD Sumsel Salahi PP 53/2005

Palembang, jurnalsumatra.com – Dari hasil pemeriksaan secara uji petik atas dokumen pertanggungjawaban belanja makan dan minum Sekretariat DPRD menunjukan terdapat belanja makan dan minum untuk kebutuhan rumah tangga pada 9 Fraksi sebesar Rp 288.657.000,00.

Berdasarkan konfirmasi kepada PPTK kegiatan dan staf fraksi DPRD diketahui pertanggungjawaban tersebut digunakan untuk melayani kebutuhan fraksi, staf fraksi, tamu – tamu fraksi yang bukan merupakan tamu undangan dalam rangka kegiatan fraksi.

Pertanggungjawaban diatas bukan merupakan kebutuhan dalam rangka rapat fraksi. Dalam rangka kebutuhan rapat fraksi, biaya makan minum rapat fraksi disediakan oleh Sekretariat DPRD.

Sementara itu dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yaitu Pasal 7 ayat (1) menyatakan fraksi bukan merupakan alat kelengkapan DPRD, maka tidak disediakan pos anggaran fraksi baik berupa tunjangan penerimaan maupun biaya operasional seperti biaya rumah tangga, biaya pembelian inventaris rumah jabatan, pemeliharaan rumah jabatan, kendaraan dan pemeliharaannya serta biaya perjalanan dinas fraksi.

Sedangkan biaya rapat-rapat Fraksi dapat disediakan dari anggaran Sekretariat DPRD. (relis FITRA/Nunik Handayani)

SUMBER : LHP ATAS LAPORAN KEUANGAN

NO: 39.A/LHP/XVIII.PLG/052017

TANGGAL : 30 MEI 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =