Belasan Organisasi Pemuda Siap Dukung Pemilu Damai

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Belasan organisasi pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Cipayung Plus menyatakan siap mendukung pemerintah melaksanakan pemilu damai di Indonesia.
Perwakilan Forum Cipayung Plus Ahmad Nawawi di Jakarta, Senin, mengatakan, pihaknya telah melakukan konsolidasi dan menyatakan siap mendukung perwujudan pemilu damai di tahun politik 2018 dan Pilpres 2019.
“Kami berharap bisa memberikan kontribusi yang positif dalam ajang demokrasi besar kita baik Pilkada Serentak maupun Pilpres tahun depan,” kata Nawawi.
Forum Cipayung Plus terdiri dari 16 organisasi lintas kepemudaan dan mahasiswa di antaranya HMI, PMKRI, GMNI, GMKI, PMII, dan Gema MA yang kerap kali dianalogikan sebagai miniatur Indonesia karena anggotanya datang dari berbagai ragam agama, ragam kelas sosial, budaya, ras, dan lain-lain.

    Belum lama ini, Forum Cipayung Plus mengadakan pertemuan dengan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk membahas peran organisasi pemuda dan mahasiswa dalam mewujudkan pemilu damai.
“Memasuki tahun politik, Pemerintah melalui Kapolri menyampaikan kepada kami harapan agar semua elemen lintas organisasi termasuk Forum cipayung plus bisa menjadi bagian penting untuk mengawal keberlangsungan pesta demokrasi ini,” katanya.
Pihaknya pun sepakat bahwa mahasiswa dan pemuda harus menjadi bagian yang kritis dan konstruktif dalam menyikapi persoalan bangsa ini sehingga bisa memberikan masukan yang positif bagi pemerintah.
Mahasiswa dan pemuda, kata dia, kehadirannya juga sangat diperlukan bagi sebuah bangsa untuk menjadi perekat persatuan dan kesatuan sekaligus pembangun sinergi dengan semua kalangan.
“Dengan begitu kita bisa mewujudkan pemilu damai tanpa ada beda pemahaman antara aparat hukum dengan masyarakat dalam merealisasikannya,” katanya.(anjas)

Leave a Reply