Belasan RIBU Calon KPM PKH Situbondo Divalidasi

     Situbondo, jurnalsumatra.com – Belasan ribu orang calon keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan atau PKH di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, telah divalidasi guna memastikan layak atau tidak layak menjadi penerima program dari Kementerian Sosial Republik Indonesia tersebut.
“Data calon keluarga penerima manfaat PKH 2018 yang diterima dari Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial RI, khusus di Situbondo tercatat sebanyak 14.010 orang dan sudah dilakukan validasi data,” ujar Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Situbondo Lutfi Joko Prihatin di Situbondo, Rabu.
Ia mengemukakan, validasi calon KPM Program Keluarga Harapan itu sudah dilakukan sejak 6 hingga 14 November 2017 dan selanjutnya hasil validasi data tersebut akan kembali diserahkan atau dikirim ke Kementerian Sosial.
Dari 14 ribu lebih calon keluarga penerima manfaat tersebut, katanya, nantinya bisa saja berkurang setelah diserahkan ke Kemensos, karena petugas pendamping Program Keluarga Harapan memvalidasi serta verifikasi kelaikan penerima.
“Oleh karena itu, kami belum bisa memastikan dari 14 ribu calon KPM PKH 2018 seluruhnya akan diterima, karena penilaian kelaikan penerima program tersebut ditentukan di Kemensos,” katanya.
Lutfi menambahkan, jumlah keluarga penerima manfaat PKH pada 2017 tercatat sebanyak sekitar 23 ribu kepala keluarga yang tersebar di 136 desa/kelurahan di 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo.
“Masing-masing penerima PKH mendapatkan bantuan Rp1.890.000 per tahun per kepala keluarga (KK) untuk komponen kesehatan balita, ibu hamil, penyandang disabilitas dan anak usia sekolah 6-21 tahun. Sedangkan untuk lansia/disabilitas beratRp2.000.000 per KK dan pemberian bantuan PKH dibagi menjadi empat tahap,” paparnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + one =