Bengkulu Siapkan APBD Untuk Subsidi Warga Miskin

    Bengkulu, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menyiapkan alokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk mensubsidi warga miskin sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan di daerah itu.
żIni masih gagasan saya yang akan disampaikan ke pemerintah kabupaten dan kota untuk bersinergi menurunkan angka kemiskinan Bengkulu,ż kata Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Senin.
Ia mengatakan subsidi dana dari APBD untuk warga miskin tersebut guna memenuhi angka standar belanja per kapita warga miskin yang berada di atas angka Rp300 ribu per kapita per bulan.
Bagi warga miskin atau masih memiliki pengeluaran per kapita per bulan di bawah Rp300 ribu akan disubsidi pemerintah daerah melalui APBD.
żkami akan bekerjasama dengan bupati dan wali kota untuk merancang regulasinya dan akan merumuskan Peraturan Gubernur (Pergub),ż ucapnya.

     Rohidin menambahkan, rencana tersebut akan disepakati dengan kemampuan keuangan daerah dengan mengukur penurunan angka kemiskinan lewat alokasi dana yang disediakan.
Saat ini lanjut dia, angka kemiskinan di daerah ini masih mencapai 17 persen dari sebanyak 2 juta jiwa penduduk.
Ia juga menambahkan bahwa program yang dirancang pemda tersebut akan diselaraskan dengan seluruh program yang diberikan pemerintah bagi warga miskin seperti Rastra, KIP maupun KIS.
żJika ditotalkan masih didapati kekurangan dari angka belanja perkapita perbulan sebesar Rp300 ribu tersebut, maka sisanya akan disubsidi melalui APBD,ż kata dia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =